A. DEFINISI
MEDIA MENURUT BEBERAPA AHLI
1. Menurut Arsyad, 2002; Sadiman, dkk., 1990, mengatakan
bahwa media (bentuk jamak dari kata medium), merupakan kata yang berasal dari
bahasa latin medius, yang secara harfiah berarti ‘tengah’, ‘perantara’
atau ‘pengantar’.Oleh karena itu, media dapat diartikan sebagai perantara atau
pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. Media dapat berupa sesuatu
bahan (software) dan/atau alat (hardware).
2. Menurut Gerlach & Ely (dalam Arsyad, 2002),
mengatakan bahwa media jika dipahami secara garis besar adalah manusia, materi,
atau kejadian yang membangun kondisi, yang menyebabkan siswa mampu memperoleh
pengetahuan, keterampilan, atau sikap. Jadi menurut pengertian ini, guru, teman
sebaya, buku teks, lingkungan sekolah dan luar sekolah, bagi seorang siswa merupakan
media.
3. Dalam
Buku Pengantar Ilmu Komunikasi (Cangara, 2006 : 119), media adalah alat atau
sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada
khalayak. Ada beberapa pakar psikologi memandang bahwa dalam komunikasi
antarmanusia, maka media yang paling dominasi dalam berkomunikasi adalah
pancaindera manusia seperti mata dan telinga. Pesan – pesan yang diterima
selanjutnya oleh pancaindera selanjutnya diproses oleh pikiran manusia untuk
mengontrol dan menentukan sikapnya terhadap sesuatu, sebelum dinyatakan dalam
tindakan.
4. Association
of Education and Communication Technology (AECT), mengatakan bahwa media sebagai segala bentuk dan
saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan dan informasi.
Dari
beberapa pendapat ahli diatas, maka dapat disimpulkan bahwa media adalah alat,
sarana, perantara, dan penghubung untuk menyebar, membawa atau menyampaikan
sesuatu pesan (message) dan gagasan
kepada penerima. Sedangkan media pendidikan adalah segala sesuatu yang dapat
digunakan untuk menyalurkan pesan sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan,
perbuatan, minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar
mengajar terjadi pada diri siswa.
B. PERBEDAAN
MEDIA PENDIDIKAN DENGAN SUMBER BELAJAR
Media
pembelajaran adalah alat, sarana, perantara, dan penghubung untuk menyebar,
membawa atau menyampaikan sesuatu pesan (message)
dan gagasan, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perbuatan, minat
serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar mengajar terjadi
pada diri siswa. Dalam media pembelajaran terdapat dua unsur yang terkandung ,
yaitu (a) pesan atau bahan pengajaran yang akan disampaikan atau perangkat
lunak, dan (b) alat penampil atau perangkat keras. Sebagai contoh guru
akan mengajarkan bagaimana urutan gerakan melakukan sholat. Kemudian guru
tersebut menuangkan ide-idenya dalam bentuk gambar ke dalam selembar kertas, ia
menggambarkan setiap gerakan sholat tersebut dalam kertas tersebut, saat di
kelas ia menjelaskannya kepada siswa bagaimana gerakan sholat tersebut dengan
cara memperlihatkan poster yang bergambarkan gerakan-gerakan yang telah ia buat
sebelumnya. Kemudian siswapun melakukan gerakan sholati dengan apa yang
terdapat dalam poster tersebut. Dalam perkembangan selanjutnya poster ini
termasuk ke dalam media sederhana.
Sedangkan
sumber belajar (learning resources)
adalah semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat
digunakan oleh siswa dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara
terkombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajar atau
mencapai kompetensi tertentu. Sumber belajar adalah bahan-bahan yang
dimanfaatkan dan diperlukan dalam proses pembelajaran, yang dapat berupa buku
teks, media cetak, media elektronik, narasumber, lingkungan sekitar, dan sebagainya
yang dapat meningkatkan kadar keaktifan dalam proses pembelajaran.
Mohon lampirkan referensi yang diacu
BalasHapusseandainya ada daftar pustakanya lebih bagus
BalasHapusKntl
BalasHapus