Komponen Jaringan Komputer

KOMPONEN-KOMPONEN JARINGAN KOMPUTER

1.      Komputer – Client/Server Networks
Komputer merupakan perangkat elektronik yang dapat menerima input, melakukan proses dan menghasilkan output. Komponen utama computer adalah motherboard. Kemudian komponen utama motherboard adalah chipset.
Dalam sebuah jaringan peer-to-peer jaringan komputer rumah, semua komputer sama. Setiap komputer memiliki file dan device-nya sendiri. Di lingkungan bisnis, Anda mungkin menggunakan jaringan client/server daripada jaringan peer-to-peer, kecuali Anda menjalankan bisnis kecil dengan hanya sedikit computer.

Gambar 1. Jaringan peer-to-peer
Jaringan client/server merupakan jaringan yang dimana servernya merupakan satu atau lebih komputer dan menyediakan layanan untuk komputer lain, yang disebut client. (Haag, 2004). Server memiliki hardware, software, dan/atau informasi yang komputer client dapat akses. Server biasanya merupakan komputer yang powerful dengan sistem penyimpanan (storage sistem) yang besar
Gambar 1 Jaringan peer to peer

Gambar 3. Interaksi Client-Server

2.      NIC (Network Interface Card)
NIC (Network Interface Card) atau yang biasa disebut LAN card ini adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Komponen ini biasanya sudah terpasang secara onboard di beberapa komputer atau laptop.
Cara kerja Ethernet card berdasarkan broadcast network yaitu setiap node dalam suatu jaringan menerima setiap transmisi data yang di kirim oleh suatu node yang lain.setiap Ethernet card mempunyai alamat sepanjang 48 bit yang dikenal sebagai Ethernet Address(MAC Address). Alamat tersebut sudah ditanam dalam setiap rangkaian kartu jaringan (NIC) yang telah di kenal dengan ‘media access control’ (MAC) dikenal juga dengan istilah ‘hardware address’.
Ada dua jenis NIC yang beredar saat ini, yaitu NIC yang bersifat fisik dan NIC yang bersifat logis. Pada setiap NIC diberi nomor alamat (id) jaringan yang disebut sebagai MAC Address yang sifatnya statis. Walaupun sifat dari MAC Address di sini sebenarnya adalah statis, namun MAC Address tetap dapat diubah oleh para usernya jika memang diinginkan user, tetapi sifatnya tidaklah permanen. Maksudnya di sini ialah jika user mengubah MAC Address dari NIC dan kemudian me-restart komputernya, maka MAC Address tadi akan kembali ke alamat defaultnya.


3.      Media Transmisi
Media Transmisi merupakan media yang digunakan untuk membantu proses pertukaran data pada jaringan computer.
Media trasmisi terdiri dari 2 jenis yaitu : wire dan wireless.
a.      Wire
Wire terdiri dari UTP, STP dan Fiber Optic
-          UTP (Unshielded Twisted Pair)
Kabel UTP adalah yang paling popular yang terdiri dari 4 pasang kabel yang saling melilit dengan kode warna khusus yang standard dan diisolasi dengan plastic. Tingkatan dari kabel UTP ini diindikasikan oleh banyak nya lilitan atau pumtiran per inchi, tingkat rendahnya attenuasi, kurang nya tingkat interferensi dan gejala crosstalk. Panjang maksimum per segmen dari kabel lan ini adalah 100 meter saja, jika lebih panjang dari 100 meter maka anda tidak bisa menjamin tingginya tingkat attenuasi. Kecepatan yang bisa dicapai adalah sampai 1 Gigabit yaitu dari jenis kabel lan UTP Cat5e, yang mana jumlah puntiran atau lilitan dari pasangan kabel sedikit lebih banyak per inchi dan ditambah lagi adanya jaket kabel nilon tunggal sebagai insulasi. Jadi sekali lagi grade dari UTP kabel ini ditentukan oleh banyaknya puntiran per inchi.
Standard UTP
·         Kabel lan UTP Cat 1, dipakai untuk jaringan telpon.
·         Kabel lan UTP Cat 2, kecepatan maksimum 4 Mbps, aslinya dimaksudkan untuk mendukung Token Ring lewat UTP.
·         Kabel lan Cat 3, dengan kecepatan maksimum 10 Mbps. Kabel lan ini bisa dipakai untuk jarigan telpon dan merupakan pilihan kabel lan UTP masa silam.
Kabel lan UTP Cat 4, kecepatan maksimum adalah 16 Mbps, umum dipakai jaringan versi cepat Token Ring.
·         Kabel lan Cat 5, kecepatan maksimum 1 Gigabps, sangat popular untuk kabel lan desktop.
·         Kabel lan UTP Cat 5e, dengan kecepatan maksimum 1 Gigabps, tingkat emisi lebih rendah, lebih mahal dari Cat 5 akan tetapi lebih bagus untuk jaringan Gigabit.
·         Kabel lan UTP Cat 6, kecepatan maksimum adalah 1 Gigabps+, dimaksudkan sebagai pengganti Cat 5e dengan kemampuan mendukung kecepatan-2 multigigabit.
-          STP (shielded twisted pair) dengan lapisan alumunium foil
-          Fiber Optics
Fiber optic merupakan media transmisi terkini untuk standard Ethernet dalam kabel lan. Perbedaan utama dalam hal fungsi antara kabel fiber optic dan kabel electric adalah sebagia berikut:
·         Jarak lebih jauh
·         Jauh lebih mahal
·         Kurang interferensi magnetic, membuatnya lebih aman
·         Dapat menunjang keceptan sampai 10Gigabits

Kabel Fiber optic adalah sebuah kabel yang terbuat dari serat kaca dengan teknologi canggih dan mempunyai kecepatan transfer data yang lebih cepat daripada kabel biasa, biasanya fiber optic digunakan pada jaringan backbone (Tulang Punggung) karena dibutuhakan kecepatan yang lebih dalam dari jaringan ini, namun pada saat ini sudah banyak yang menggunakan fiber optic untuk jaringan biasa baik LAN, WAN maupun MAN karena dapat memberikan dampak yang lebih pada kecepatan dan bandwith karena fiber optic ini menggunakan bias cahaya untuk mentransfer data yang melewatinya dan sudah barang tentu kecepatan cahaya tidak diragukan lagi namun untuk membangun jaringan dengan fiber optic dibutuhkan biaya yang cukup mahal dikarenakan dibutuhkan alat khusus dalam pembangunannya. Inti kabel fiber optics adalah core. Setiap kabel biasanya 2 core.
  1. Wireless
Wireless merupakan media transmisi tanpa kabel. Salah satunya adalah wifi.

4.      Network Device
-          SSD : Tempat penyimpanan pada computer selain harddisk (teknologi flashdisk terbaru)
-          HDD (Hard Disk Drive)


1 komentar:

Posting Komentar