UTS MK Profesi Kependidikan



NAMA           : GUSDANELA
NIM/BP          : 1206535/2012
PRODI           : PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER

JAWABAN UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
PROFESI KEPENDIDIKAN

1.      Jelaskan 5 (lima) alasan mengapa saudara sebagai calon guru perlu memahami profesi kependidikan?
Jawaban:
1)      Untuk mengetahui mengapa pekerjaan guru dikatakan sebagai profesi .
Menurut Arni Muhammad dan Asmidir Ilyas (2005:10) bahwa profesi pada hakikatnya adalah suatu pernyataan atau suatu janji terbuka yang menyatakan bahwa seseorang itu mengabdikan dirinya pada suatu jabatan atau pelayan karena orang tersebut merasa terpanggil untuk menjabat pekerjaan itu. Berdasarkan pernyataan tersebut jelaslah bahwa pekerjaan guru adalah profesi. Karena seorang guru sanggup dan rela mengabdikan dirinya untuk membimbing, mengajar, dan mendidik peserta didik agar nantinya berguna bagi dirinya sendiri, orang lain dan negara. Profesi guru itu merupakan panggilan jiwanya sendiri, sehingga ia bertanggung jawab atas profesinya tersebut.
2)      Untuk mengetahui hakikat guru sebagai profesi.
Setelah tahu bahwa pekerjaan guru adalah sebuah profesi, maka juga harus tahu bagaimana hakikat guru sebagai profesi. Sehingga berguna bagi diri saya sendiri selaku calon pendidik nantinya. Menurut Arni Muhammad dan Asmidir Ilyas (2005:20) bahwa hakikat guru sebagai profesi adalah memahami tentang harkat dan martabat guru, kompetensi apa saja yang harus dimiliki guru agar dapat menjadi guru yang professional, wadah atau organisasi profesi apa saja yang dapat dijadikan tempat bagi guru memperjuangkan hak-haknya dan juga untuk meningkatkan wawasan dan profesionalismenya, dan memahami norma yang harus dipedomani dan di patuhi yakni Kode Etik Guru.
a).  Harkat dan martabat guru
Dengan mengetahui hakikat guru sebagai profesi ini, saya selaku calon pendidik menjadi tahu harkat dan martabat saya sebagai seorang guru. Kemudian bagaimana saya menjaga harkat dan martabat tersebut, lalu meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap profesi guru.
b).  Kompetensi guru
Saya menjadi tahu kompetensi-kompetensi yang harus saya penuhi sebagai calon pendidik/guru nantinya. Sebagai pendidik saya tidak hanya mendidik, yaitu membantu anak didik mengembangkan pribadinya, memperluas pengetahuannya, dan melatih keterampilannya dalam berbagai bidang. Akan tetapi saya harus memiliki kemampuan yang disebut kompentesi guru yang harus saya penuhi tadi.
Dimana Departemen Pendidikan dan Kebudayaan ( dalam Arni Muhammad dan Asmidir Ilyas, 2005:21) dan (dalam Syahril, dkk., 1999:18) telah merumuskan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki dan dipenuhi oleh guru dan mengelompokkannya atas tiga dimensi umum:
Ø  Kompetensi Kognitif (kecakapan ranah cipta)
Ø  Kompetensi Afektif (kecakapan ranah rasa)
Ø  Kompetensi Psikomotorik (kecakapan ranah rasa)
Setelah mengetahui ketiga kompetensi guru tersebut, saya menjadi tahu sebagai calon pendidik nantinya harus menciptakan (ranah cipta) metode yang bagus dan menarik dalam mengajar, sehingga dapat memberikan dua pengetahuan kepada peserta didik yaitu pengetahuan umum dan pengetahuan bidang studi. Kemudian, agar pengetahuan dapat diterima secara efektif oleh peserta didik, maka saya harus memiliki sikap dan perasaan (ranah rasa) yang baik seperti yang dikemukakan oleh Syahril, dkk (1999: 19) yakni self concept and self esteem (konsep diri dan harga diri) , self efficacy and contextual efficacy (efikasi diri dan efikasi kontekstual guru), attitude of self-acceptance and others acceptance (sikap terhadap penerimaan diri sendiri dan orang lain). Lalu, agar proses belajar mengajar semakin lancar dan peserta didik tidak jenuh mendengarkan saya saat mengajar, maka saya harus memilki kecakapan (ranah karsa) agar dapat menjadi teladan bagi peserta didik seperti, saat duduk, berdiri, berbicara dan lain sebagainya.
c).  Organisasi professional keguruan
Menurut Arni Muhammad dan Asmidir Ilyas (2005:27) organisasi professional keguruan merupakan wadah untuk menyatukan gerak langkah dan mengendalikan keseluruhan profesi. Salah satu wadah itu telah ada yakni Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), dan lain-lain.
Sebagai calon guru nantinya saya dapat berpartisipasi dabn berjuang bersama guru lainnya untuk mempertahankan profesi guru melalui PGRI tadi dan bagaimana meningkatkan mutu guru. Kemudian melului MGMP saya dapat bermusyawarah dengan guru mata pelajaran yang sama dengan yang saya ajarkan bagaimana meningkatkan pengajarn mata pelajaran yang saya ikuti.
d). Kode Etik Guru]
Kode Etik Guru Indonesia ( dalam Arni Muhammad dan Asmidir Ilyas, 2005: 31) adalah sebagai berikut:
1.      Guru berbakti membimbing peserta didik untuk membentuk manusia seutuhnya yang berjiwa Pancasila.
2.      Guru memiliki dan melaksanakan kejujuran professional
3.      Guru berusaha memperoleh informasi tentang peserta didik sebagai bahan melakukan bimbingan dan pembinaan.
4.      Guru menciptakan suasana sekolah sebaik-baiknya yang menunjang berhasilnya proses belajar mengajar.
5.      Guru memlihara hubungan baik dengan orangtua murid dan masyarakat sekitarnya untuk membina peran serta dan rasa tanggung jawab bersama terhadap pendidikan.
6.      Guru secara pribadi dan bersama-sama mengembangkan dan meningkatkan mutu dan martabat profesi.
7.      Guru memelihara hubungan se-profesi , semangat kekeluargaan, dan kesetiakawanan social.
8.      Guru secara bersama-sama memelihara dan meningkatkan mutu organisasi PGRI sebagai sara penunjang dan pengabdian.
9.      Guru melaksanakan segala kebijaksanaan pemerintah dalam bidang pendidikan.
Setelah tahu Kode Etik Guru Indonesia ini, saya sebagai calon guru nantinya menjadi tahu apa saja tugas dan kewajiban saya sebagai guru serta aturan-aturan yang harus sata ikuti dan patuhi.
3)      Di dalam profesi kependidikan ternyata juga berkaitan dengan bimbingan dan konseling (BK). Oleh karena itu, saya sebagi calon guru ingin tahu bagaimana ikut mendukung dan berpartisipasi dalam program bimbingan dan konseling di sekolah yang berguna untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh peserta didik. Saya bisa membantu guru pembimbing (BK) mengidentifikasi siwa-siswa yang memerlukan layanan bimbingan dan koseling dengan memberikan data siswa-siswa tersebut.
4)      Saya perlu mengetahui jabatan fungsional guru, golongan, jenjang pangkat, jenjang jabatan dan apa itu tugas, tanggung jawab dan wewenang seorang guru.
Lahirnya Keputusan Menpan No. 84/MENPAN/1993 tentang Jabatan Fungsioanal Guru dan Angka Kreditnya merupakan bukti kepedulian pemerintah terhadap pengembangan profesi guru.
Guru mempunyai golongan dan kepangkatan serta jabatan yang telah diatur sedemikian dalam rangkaian pembinaan. Sebagai calon guru nantinya saya akan selalu berusaha meningkatkan mutu saya sebagai guru dan mengumpulkan angka kredit, sehingga bisa naik pangkat, sebagai bukti bahwa saya benar-benar sungguh-sungguh menjalani profesi guru.
Berdasarkan Keputusan Menpan Nomor 84/1993 ( dalam Arni Muhammad dan Asmidir Ilyas, 2005:42)  adapun tugas pokok guru adalah (1) menyusun program pengajaran, menyajikan program pengajaran, evaluasi belajar, analisis hasil belajar, serta menyusun program perbaikan, dan pengayaan terhadap peserta didik yang menjadi jawabnya, (2) menyusun program bimbingan, evaluasi pelaksanaan bimbingan, analisis hasil pelaksanaan bimbingan , dan tindak lanjut dalam program binmbingan terhadap peserta didik yang menjadi tanggung jawabnya. Tanggung jawab guru adalah menyelesaikan tugas sebagai tenaga pengajar atau pembimbing sesuai dengan tujuan pendidikan pendidikan yang dibebankan kepadanya. Sedangkan wewenang guru adalah memilih dan menentukan metode kerja untuk mencapai hasil pendidikan yang optimal dalam melaksanakan tugas pekerjaannya dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kode etik guru.
Setelah tugas, tanggung jawab, dan wewenang guru, saya selaku calon guru menjadi tahu apa yang harus dilakukan sebagai seorang guru. Apa yang menjadi tugas dan wewenang yang harus saya lakukan, dan saya harus bertanggung jawab atas tugas yang telah diberikan kepada saya.
5)      Untuk mengetahui bagaimana menjadi guru yang ideal dan professional dan berperan dalam administrasi pendidikan.
Menurut Arni Muhammad dan Asmidir Ilyas (2005:40) guru yang ideal adalah guru yang menguasai kompetensinya sebagai guru. Menjadi guru nantinya, saya tidak hanya akan mengajar saja dikelas, namun juga harus memberikan teladan yang bagus bagi muridnya sehingga bisa menjadi model.
Sebagai calon guru professional, disamping memiliki wawasan bimbingan dan konseling, saya juga perlu memililki wawasan administrasi pendidikan dan ikut berpartisipasi di dalamnya. Dimana administrasi pendidikan itu adalah rangkaian kegiatan menata, mengurus, mengatur pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional dan tujuan sekolah. Saya mungkin dapat berperan dalam administrasi kurikulum, yakni menjalankan kurikulum yang telah ada dan mengembangkannya.

2.      Jelaskan guru idola yang bagaimana atau seperti apa yang diharapkan siswa saat ini sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman?
Jawaban:
Seiring dengan perkembangan zaman saat ini, saya lihat teknologi semakin maju, segala hal hamper menggunakan teknologi dan juga sekarang telah diakui adanya kesetaran gender, dimana perempuan dan laki-laki dianggap sama, perempuan bisa aja melakukan pekerjaan laki maupun sebaliknya. Maka gurur harus tahu juga dengan teknologi dan memahami kesetaraan gender yang terjadi.
Dengan perkembangan tersebut, berpengaruh juga terhadap tuntutan siswa kepada guru. Dimana guru dituntut tidak hanya mengajar dengan metode ceramah, menulis di papan tulis. Siswa menuntut guru mampu memahami perkembangan teknologi yang ada, guru dapat mengajar dengan memanfaatkan teknologi yang ada, sehingga mereka tidak bosan dalam pelajaran.
Guru dituntut juga menjadi teladan yang baik bagi siswa. Guru harus mampu membuat siswa mengerti dan menangkap pelajaran yang diberikannya. Guru harus memiliki sikap dan pribadi yang bagus baik di lingkungan sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari seperti ramah, sopan, dan lain-lain. Kemudian, kita ketahui siswa tidak terlepas dari masalah-masalah, maka seorang guru harus memahami, mengatasi dan mencari solusi masalah tersebut. Guru harus mampu menjadi orangtua sekaligus temann bagi siswa, guru harus mendengarkan pendapat siswanya. Guru juga tidak boleh membedakan status social siswanya. Guru harus bersikap adil kepada semua siswanya, dan juga tidak membedakan antara perempuan dengan laki-laki. Contohnya: seorang anak perempuan bercita-cita ingin menjadi presiden. Maka selaku guru harus mendorong
Jadi, guru idola yang yang diharapkan siswa adalah:
1)      Guru yang tahu dengan perkembangan teknologi yang ada dan melakukan proses belajar mengajar di kelas dengan memanfaatkan teknologi tersebut. Contohnya: memberikan pelajaran dengan Power Point dengan animasi yang menarik, sehingga menjadi tidak bosan belajar.
2)      Guru yang memiliki pengetahuan luas di mata pelajaran yang diajarkan.
3)      Guru yang memiliki sikap dan pribadi yang bagus baik di lingkungan sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari. Seperti: rapi, sopan, ramah, dan lain sebagainya
4)      Guru yang tidak membedakan status sosial siswanya.
5)      Guru yang mengakui adanya kesetaraan gender.
6)      Guru yang merangkap tiga fungsi sekaligus yakni, sebagai guru yang mendidik, sebagai orangtua di sekolahh yang mengayomi, dan  sebagai teman yang mau mendengarkan keluh kesahnya.
7)      Guru yang mampu memberi solusi terhadap permasalahan yang dihadapi siswa dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpendapat.
Menurut Dedi Supriadi (1999:333) bahwa guru ideal bagi siswa adalah sebagai berikut:
1)      Sebagai pelatih (coach)
Guru akan berperan ibarat pelatih olahraga. Ia akan lebih banyak membantu siswa dalam “permainan”. Bedanya, permainan itu adalah belajar (game of learning).
1)      Sebagai konselor
Guru akan menjadi sahabat siswa, teladan dalam pribadi yang mengundang rasa hormat dan keakraban dari siswa.
2)      Sebagai manajer belajar
Guru akan bertindak ibarat manajer perusahaan. Ia membimbing siswanya belajar, memgambil prakarsa, mengeluarkan ide-ide terbaik yang dimilikinya. Namun di pihak lain, ia merupakan bagian dari siswa, ikut  belajar bersama mereka sebagai “pelajar”. Guru juga belajar dari teman seprofesinya melalui model “team teaching” yang sudah dikenal.
Sedangkan menurut Arni Muhammad dan Asmidir Ilyas (2005:40) guru idola hendaknya guru yang ideal yakni guru yang menguasai kompetensinya sebagai guru. Kompetensi itu tidak berdiri sendiri, terpisah dari kemampuan yang lain karena untuk mengajar di kelas diperlukan kemampuan yang mendasarinya.

3.      Pekerjaan guru merupakan suatu profesi yang berdasarkan tupoksi, kemahiran dan standar mutu.
a.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan Jabatan Fungsional dan Jabatan Struktural? Jawaban saudara disertai contoh.
Jawaban:
      Jabatan Fungsional adalah jabatan teknis yang tidak tercantum dalam struktur organisasi, tetapi dari sudut pandang fungsinya sangat diperlukan dalam pelaksansaan tugas-tugas pokok organisasi, misalnya: auditor (Jabatan Fungsional Auditor atau JFA), guru, dosen, dokter, perawat, bidan, apoteker, peneliti, perencana, pranata komputer, statistisi, pranata laboratorium pendidikan, dan penguji kendaraan bermotor.
Jabatan Struktural adalah jabatan yang secara tegas ada dalam struktur organisasi. Kedudukan jabatan struktural bertingkat-tingkat dari tingkat yang terendah (eselon IV/b) hingga yang tertinggi (eselon I/a). Contoh jabatan struktural di PNS Pusat adalah: Sekretaris Jenderal, Direktur Jenderal, Kepala Biro, dan Staf Ahli. Sedangkan contoh jabatan struktural di PNS Daerah adalah: sekretaris daerah, kepala dinas/badan/kantor, kepala bagian, kepala bidang, kepala seksi, camat, sekretaris camat, lurah, dan sekretaris lurah.
b.      Jelaskan mengapa pekerjaan guru dilecehkan/diabaikan oleh siswa dan masyarakat?
Jawaban:
Pekerjaan guru dilecehkan/diabaikana oleh siswa dan masyarakat hal itu dikarenakan kurang adanya kesadaran dari diri sendiri bahwa yang membuat mereka pandai untuk pekerjaan lainnya adalah buah hasil kerja keras dari didikan seorang guru. Mereka juga hanya melihat pekerjaan guru itu dari segi materi atau gaji guru yang rendah.
Adanya pandangan sebagian masyarakat bahwa siapa pun dapat menjadi guru asalkan ia berpengetahuan. Kekurangan tenaga guru di daerah terpencil, memberikan peluang untuk mengangkat seseorang yang tidak mempunyai kewenangan profesional. pandangan guru itu sendiri terhadap profesinya. Banyak guru yang tidak menghargai profesi yang disandangnya, dan tidak berusaha untuk mengembangkan profesi tersebut. Perasaan rendah diri karena menjadi guru, penyalahgunaan profesi untuk kepuasaan dan kepentingan dirinya, ketidakmampuan guru melaksanakan tugas profesinya, komersialisasi mengajar, dan lain-lain, sering menyebabkan pudarnya wibawa guru sehingga pengakuan profesi guru semakin merosot.
Menurut Dedi Supriadi (dalam Arni Muhammad dan Asmidir Ilyas, 2005:48) mengidentifikasi bahwa gaji guru di negara maju lebih tinggi antara 111% s/d 235% lebih tinggi dibandingkan gaji para pegawai administrasi dan industry. Di belanda gaji guru 111% lebih tinggi dibandingkan dengan gaji pegawai administrasi ,Australia 116%, Amerika Serikat 128%, Perancis 157%, Selandia Baru 185%,. Dibandingkan dengan sektor industri, gaji guru di Australia 115% lebih tinggi, Skotlandia 120 %, Amerika Serikat 125%, Selandia Baru 125%, Belanda 126%, Jerman 213%, Finlandia 234% dan Swedia 235%. Hasil survey di Amerika menunjukkan bahwa pekerjaan guru menjadi urutan pertama (31,3%) diikuti jabatan perawat (27,1%), pegawai pemerintah  (19,1%), pedagang (12,8%) dan ahli hukum (9,7%).
Kondisi ini sangat bertolak belakang dengan di Indonesia, dimana guru atau dosen menjadi pilihan profesi terakhir setelah pekerjaan lainnya seperti dokter, apoteker, dan lain-lain. Namun yang saya lihat sekarang ini profesi guru tidak lagi direndahkan, diaman gaji guru sudah lebih tinggi daripada gaji pegawai administrasi atau yang lainnya, dengan adanya Tunjangan Fungsional Guru yang telah mengangkat harkat, citra dan martabat guru. Bagi saya sendiri sangat menghargai profesi guru. Saya bisa menjadi seperti saat sekarang ini karena didikan dari guru. Sebagai calon guru nantinya saya tidak akan malu atas profesi saya tersebut. Tetapi saya akan menjunjung tinggi profesi guru.
c.       Bagaimana pendapat saudara tentang kewibawaan guru saat ini di sekolah dan dan di mata masyarakat?
Jawaban:
      Menurut saya, dalam melaksanakan tugasnya di sekolah guru bisa dikatakan berwibawa apabila telah mempunyai kepribadian yang baik atau tercermin melalui sikap dari guru tersebut. Kepribadian itu adalah keseluruhan dari individu yang terdiri dari unsur psikis dan fisik. Contohnya: seorang yang berwibawa adalah memakai pakaian yang rapi dan sopan, pintar, ramah, dan sopan.    
      Sebagian besar guru di sekolah sudah berwibawa. Hal itu sudah saya lihat waktu saya bersekolah dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Guru-guru saya memiliki kepribadian yang baik yakni baik psikis maupun fisik. Namun ada juga beberapa guru yang lemah di kepribadian psikisnya, yang mana mau mendengarkan pendapat dirinya sendiri dibandingkan pendapat siswanya. Padahal bisa saja pendapat siswanya itu ada benarnya juga. Hal tersebut dapat merendahkan sedikit wibawa guru.
      Dimata masyarakat, ada banyak variasi pendapat mengenai bagaimana kewibawaan guru. Seperti guru yang bertugas di pedesaan dengan tulus, kemudian baik kepada masyarakat di sana, berpakaian sopan, ramah. Maka masyarakat di pedesaan akan menilai bahwa guru tersebut sangat berwibawa. Namun, pernah saya dengar di suatu daerah membuka penerimaan calon Pegawai Negeri Sipil (PNS). Untuk menjadi guru disana harus membayar uang kepada pemerintah daerahnya dari 50 juta sampai 100 juta. Hal itu menimbulkan pendapat dari masyarakat rendanya wibawa seorang guru. Untuk menjadi guru tidak usah sekolah tinggi-tinggi, profesi guru bisa dibeli dengan uang. Problema itu tentunya sangatlah miris, saya sebagai calon guru nantinya akan menjaga kewibawaan saya sendiri sebagai seorang guru.
d.      Jelaskan hak dan kewajiban siswa, guru berdasarkan Undang-Undang Sisdiknas No. 20/2003.
Jawaban:
      Hak dan kewajiban siswa berdasarkan UU Sisdiknas No. 20/ 2003 ( dalam Soetjipto dan Raflis Kosasih, 1999) yaitu:
1)      Setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak:
a.       Mendapatkan pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya dan diajarkan oleh pendidik yang seagama.
b.      Mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya.
c.       Mendapatkan beasiswa bagi yang berprestasi yang orang tuanya tidak mampu membiayai pendidikannya.
d.      Mendapatkan biaya pendidikan bagi mereka yang orang tuanya tidak mampu membiayai pendidikannya.
e.       Pindah ke program pendidikan pada jalur dan satuan pendidikan lain yang setara.
f.       Menyelesaikan program pendidikan sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing dan tidak menyimpang dari ketentuan batas waktu yang ditetapkan.
2)      Setiap peserta didik berkewajiban:
a. Menjaga norma-norma pendidikan untuk menjamin keberlangsungan proses dan keberhasilan pendidikan.
a.       Ikut menanggung biaya penyelenggaraan pendidikan, kecuali bagi peserta didik yang dibebaskan dari kewajiban tersebut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
3)      Warga negara asing dapat menjadi peserta didik pada satuan pendidikan yang diselenggarakan dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
4)       Ketentuan mengenai hak dan kewajiban peserta didik sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), ayat (2), dan ayat (3) diatur lebih lanjut dengan Peraturan Pemerintah.
Hak dan kewajiban guru (pendidik)
1)      Pendidik dan tenaga kependidikan berhak memperoleh:
a.       Penghasilan dan jaminan kesejahteraan sosial yang pantas dan memadai.
b.      Penghargaan sesuai dengan tugas dan prestasi kerja.
c.       Pembinaan karier sesuai dengan tuntutan pengembangan kualitas.
d.      Perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas dan hak atas hasil kekayaan
intelektual; dan kesempatan untuk menggunakan sarana, prasarana, dan fasilitas    pendidikan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas.
2)      Pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban:
a.       Menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis, dan dialogis.
b.      Mempunyai komitmen secara profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan; dan  memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya.

4.      Jelaskan masalah-masalah yang sering dialami guru dalam melaksanakan profesinya di tengah-tengah masyarakat yang multidimensional saat ini !
Jawaban:
Masalah-masalah yang sering dialami guru dalam melaksanakan profesinya di tengah-tengah masyarakat yang multidimensional saat ini adalah:
1)      Kesenjangan multidimensional
a.       Kesenjangan aspek aspek kemasyarakatan.
b.      Kesenjangan sesiografis.
c.       Kesenjangan yang berkaitan dengan aspek material.
d.      Kesenjangan antara mayoritas dan minoritas.
2)      Konflik antar etnis dan antar pemeluk agama yang berbeda
Konflik antar suku bangsa sebenarnya adalah produk dari hubungan antar suku bangsa yang berlaku setempat,oleh karna itu factor penyebabnyaada dalam konteks-konteks setempat. Sebagai seorang guru, harus bisa melakukan sosialisasi di masyarakat yang beragam. Setiap masyarakat memiliki ciri dan sifat tertentu. Sebagai seorang guru kita harus bisa menempatkan diri kita sesuai dengan sifat dan karakteristik masyarakat yang dihadapi.

5.      Coba saudara ilustrasikan upaya-upaya apa yang dapat  saudara lakukan untuk mengangkat harkat dan martabat guru dan rendahnya hasil Uji Kompetensi Guru (UKG 2012) ?
Jawaban:
Guru merupakan profesi yang sangat mulia. Guru adalah sosok yang sangat berarti dalam hidup ini. Guru lah yang telah mendidik, mengayomi, membimbing anak didiknya perlahan demi  perlahan namun pasti, dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang bodoh menjadi pintar, dari yang pemalas menjadi rajin, dan banyak lagi hal baik lainnya yang dilakukan oleh guru yang tidak cukup diucapkan dengan kata-kata. Guru tidak pernah lelah dan putus asa, tapi dengan tegar, sabar dan semangat baja, dia mengabdikan dirinya agar anak didiknya menjadi sosok yang berguna baik bagi dirinya sendiri, orang lain maupun bagi bangsa. Tanpa adanya seorang guru, seorang pemimpin pun tidak bisa melaksanakan tugasnya dengan baik.
Begitu pula bagi diri saya pribadi, sosok guru itu sangatlah berarti hingga saya bisa seperti saat sekarang ini. Kemarin, saat ini dan besok saya pasti akan masih membutuhkan sosok guru yang membimbing saya kearah yang lebih baik. Bagi saya, guru itu seperti “matahari” yang tidak pernah lelah mendidik dan membimbing anak didiknya, bahkan ia rela meluangkan banyak waktunya untuk anak didiknya. Guru bagaikan pelita dalam kegelapan, selalu ada di dalam hati sanubari.
Saya selaku calon guru sudah seharusnya saya mengangkat harkat dan martabat guru dan juga sebagai rasa terimakasih saya terhadap guru-guru yang telah mendidik saya serta untuk semua guru di dunia. Adapun upaya-upaya yang akan saya lakukan adalah :
1)      Sekarang saya tengah menyelesaikan program strata satu (S1) bidang pendidikan bersama dengan banyak teman saya lainnya. Hal ini sudah pastilah saya akan menjadi seorang guru. Itu mengindikasikan bahwa profesi guru diakui banyak oarang. Contohnya saja di Universitas Negeri Padang (UNP) dengan mottonya “Alam takambang jadi guru”, berarti bahwa di alam semesta ini banyak sekali kesempatan menjadi guru, dan tidak dipungkiri juga bahwa mahasisiwa UNP sangatlah banyak yang berminat menjadi guru.Namun, jika ada orang-orang bertanya kepada saya, saya akan bilang bahwa profesi guru adalah profesi yang mulia dan profesi yang telah diakui oleh negara dengan adanya Tunjangan Fungsional guru.
2)      Saya mulai dari diri saya sendiri. Selaku calon guru nantinya saya akan melaksanakan hak, tugas dan kewajiban, dan wewenang sebagai seorang guru dengan baik dan sesuai dengan Kode Etik Guru Indonesia sehingga akan menjaga bahkan meningkatkan harkat dan martabat guru.
3)      Selaku calon guru, nantinya saya akan menjadi guru professional dan berusaha meningkatkan wibawa guru dimata masyarakat. Saya akan menambah pengetahuan saya dan memberikannya kepada anak didik saya. Saya akan melakukan berbagai kegiatan sekolah yang melibatkan masyarakat secara langsung. Contohnya: memperingati  Hari Guru Nasional dan saya membuat acara pementasan darama yang beri tema “Pahlawan Tanpa Jasa”. Acara itu adalah lomba antar kelas, dimana satu kelas mengutus satu kelompok drama yang terdiri dari 10 orang siswa dan harus melibatkan langsung orangtua mereka masing-masing, lalu masing-masing kelompok akan dibimbing oleh dua orang guru. Anggota kelompok tadi ada yang akan berperan menjadi guru, siswa dan orangtua siswa. Dengan acara tersebut, oangtua akan menyadari betapa hebatnya profesi guru, guru membimbing siswa sekaligus orangtuanya dengan sabar agar bisa berakting dengan baik. Kemudian dengan jalan cerita yang bagus, orangtua atau bagian dari masyarakat menjadi sadar betapa mulianya profesi guru. Dengan tema guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, menyadarkan orangtua siswa bahwa guru rela tidak digaji hanya demi mencerdaskan anak bangsa. Dengan begitu, harkat dan martabat guru di mata masyarakat semakin meningkat.
      Upaya-upaya yang saya berikan juga sejalan dengan pendapat Syahril, dkk (2009:19) dan Anisah, dkk (1999:23) upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan harkat dan martabat guru adalah sebagai berikut:
1.      Menjadikan Posisi Guru Sebagai Suatu Profesi (Guru Sebagai Profesi)
Berikut adalah beberapa hal yang terkait dengan guru sebagai sutu profesi,yaitu;
a.       Kualifikasi
Berbicara tentang guru yang profesional berarti membicarakan tentang kualifikasi guru. Guru yang profesional punya kualifikasi tertentu. Ada dua kualifikasi yaitu;
1)      Kualifikasi Personal.
Ada berbagai ungkapan untuk melukiskan kualifikasi personal guru diantaranya: a). Guru yang baik Baik disini dalam artian mempunyai sifat moral yang baik seperti ; jujur, setia, sabar, betanggung jawab, tegas, iuwes, ramah, konsisten,berinisiatif dan berwibawa. Jadi guru yang baik itu bila dilengkapi oleh sifat -sifat yang disebutkan di atas. b). Guru yang berhasil Seorang guru dikatakan berhasil apabila ia di dalammengajar dapat menunjukan kemampuannya sehingga tujuan - tujuan yangtelah ditentukan dapat dicapai oleh peserta didik. c). Guru yang efektif. Yang dimaksud dengan guru yang efektif  yaitu apabila ia dapat mendayagunakan waktu dan tenaga yang sedikit tetapi dapat mencapai hasil yang banyak. Berarti guru yang pandai menggunakan strategi mengajar dan mampu menerapkan metode - metode mengajar secara berdayaguna dan berhasil guna akan disebut sebagai guru yang efektif.
2)      Kualifikasi Profesional
Yang dimaksud dengan kualifikasi profesional yaitu kemampuan melakukan tugas mengajar dan mendidik yang diperoleh melalui pendidikan dan latihan.
b.      Profesionalisasi
Profesionalisasi adalah suatu proses, pertumbuhan, perawatan dan pemeliharaan untuk mencapai tingkat profesi yang optimal. Dalam hal ini saya kaitkan dengan usaha-usaha pengembangan status jabatan guru sebagai pengajar dan pendidik menjadi guru yang profesional. Guru itu bagaikan sumber air yang terus menerus mengalir sepanjang kariernya, jika sumber airitu tidak diisi terus menerus maka sumber air itu akan kering. Demikian juga jabatan guru, apabila guru tidak berusaha menambah pengetahuan yang baru,maka mated sajian waktu mengajar akan "gersang". Dalam usaha profesionalisasi ini ada dua motif, yaitu :
1)      Motif eksternal yaitu pimpinan yang mendorong guru untuk mengikutipenataran, atau kegiatan-kegiatan akademik yang sejenis. Atau ada lembagapendidikan yang memberi kesempatan bagi guru untuk belajar lagi. Dan initermasuk in-service education.
2)      Motif internal yaitu dorongan dari diri guru itu sendiri yang berusahabelajar terus menerus untuk tumbuh dalam jabatannya, baik itu melaluimembaca dan mengikuti berita yang berkaitan dengan pendidikan, maupunmengikuti pendidikan yang lebih tinggi, demi untuk meningkatkan profesinyadi bidang pendidikan.
c.       Pendidikan Profesi Guru
Pendidikan profesi ditekankan pada unsur kematangan, keterampilan, dan tanggungjawab. Untuk itu diperlukan waktu yang memadai melakukan latihan, praktek dan magang. Pendidikan profesi dilakukan setelah peserta didik melewati jenjang pendidikan tinggi atau pendidikan akademik. Pendidikan profesi adalah syarat bagi calon guru untuk dapat mengikuti uji kompetensi dan sertifikasi guru. Pendidikan profesi keguruan dilakukan dengan cara konsuntif bagi lulusan D2, D3 dan S1. Pendidikan profesi guru tersebut dilaksanakan oleh LPTK terakreditasi.
2.      Meningkatkan peran guru dalam masyarakat
Peran yang dimaksud adalah peran secara langsung. Dalam beberapa fakta di lapangan guru yang mampu mewujudkan perannya secara langsung sangat dihargai atau terlihat ketinggian martabatnya.
3.      Meningkatkan Kewibawaan Guru Dimata Masyarakat
Dalam meningkat kewibawaan guru di mata masyarakat, beberapa hal yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut (termasuk diwaktu diklat):
a.       Membekali guru dengan berbagai pengetahuan umum, sehingga guru dapat memandang masalah disekitarnya dengan cermat.
b.      Menanamkan kedalam diri guru akan norma yang yang berlaku ditempat ia berada.
c.       Mengatur  penggunaan wewenang guru seperti dengan diadakannya UUBHP.
                 
6.      Jelaskan secara rinci 4 (empat) kompetensi yang perlu dikuasai guru berdasarkan PP No. 74 tahun 2008! Dan upaya apa yang perlu saudara lakukan untuk memenuhi keempat kompetensi yang dimaksud?
Jawaban:
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru, bahwa “Kompetensi merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai, dan diaktualisasikan oleh Guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan”. Kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap guru berdasarkan PP Nomor 74 Tahun 2008 tersebut, adalah ”Kompetensi Guru sebagaimana meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi”.
1.      Kompetensi pedagogik
Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan Guru dalam pengelolaan pembelajaran peserta didik yang sekurang-kurangnya meliputi:
a.       Pemahaman wawasan atau landasan kependidikan;
b.      Pemahaman terhadap peserta didik;
c.       Pengembangan kurikulum atau silabus;
d.      Perancangan pembelajaran;
e.       Pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis;
f.       Pemanfaatan teknologi pembelajaran;
g.       Evaluasi hasil belajar;
h.      Pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
2.      Kompetensi kepribadian
Kompetensi kepribadian sekurang-kurangnya mencakup kepribadian yang:
a.       beriman dan bertakwa;
b.      berakhlak mulia;
c.       arif dan bijaksana;
d.      demokratis;
e.       mantap;
f.       berwibawa;
g.       stabil;
h.      dewasa;
i.        jujur;
j.        sportif;
k.      Menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat;
l.        secara obyektif mengevaluasi kinerja sendiri; dan m. mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan.
3.      Kompetensi sosial merupakan kemampuan Guru sebagai bagian dari Masyarakat yang sekurang-kurangnya meliputi kompetensi untuk:
a.       berkomunikasi lisan, tulis, dan/atau isyarat secara santun;
b.      menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional;
c.       bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, pimpinan satuan pendidikan, orang tua atau wali peserta didik;
d.      bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar dengan mengindahkan norma serta sistem nilai yang berlaku;
e.       menerapkan prinsip persaudaraan sejati dan semangat kebersamaan.
4.      Kompetensi profesional merupakan kemampuan Guru dalam menguasai pengetahuan bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dan budaya yang diampunya yang sekurang-kurangnya meliputi penguasaan :
a.       materi pelajaran secara luas dan mendalam sesuai dengan standar isi program satuan pendidikan, mata pelajaran, dan/atau kelompok mata pelajaran yang akan diampu;
b.      konsep dan metode disiplin keilmuan, teknologi, atau seni yang relevan, yang secara konseptual menaungi atau koheren dengan program satuan pendidikan, mata pelajaran, dan/atau kelompok mata pelajaran yang akan diampu”.

Upaya yang dapat saya lakukan untuk memenuhi keempat kompetensi di atas adalah dengan cara belajar, baik belajar dengan hal-hal bru maupun belajar dari kesalahan sendiri dan orang lain , meminta petunjuk dari guru-guru yang telah berpengalaman di bidangnya dan memahami dengan sebenar-benarnya selama mempelajarinya melalui mata-mata kuliah kependidikan.

7.      Profesi konseling merupakan bagian integral dalam sistem pendidikan yang komprehensif.
a.      Coba saudara jelaskan dengan memberi ilustrasi tenteng persepsi siswa dan guru tentang bimbingan dan konseling di sekolah selama ini !
Jawaban:
      Saya dulu telah menjadi seorang siswa, persepsi saya mengenai bimbingan dan konseling (BK) di sekolah adlah sangat baik. Menurut saya, dengan adanya BK di sekolah dapat membantu guru dalam mengatasi dan menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi siswa. Siswa-siswa menjadi terbantu dan merasa ada tempat untuk mengungkapkan apa yang sedang dialami. Karena guru BK berbeda dengan guru lainnya atau guru mata pelajaran, yang memiliki keterbatasan dalam mengatasi masalah kesiswaan. Contohnya: seorang siswa sekolah menengah atas (SMA) sedang mengalami masalah, yakni bingung untuk menentukan jurusan yang akan dipilih setelah tamat  SMA nantinya. Hal itu tersebut bisa didiskusikan dengan guru BK, karena guru BK memahami karakter dan kemmpuan siswa. Sedangkan guru mata pelajaran bisa saja menyuruh siswa mengambil jurusan yang sesuai dengan mata pelajaran yang di ajarkannya. Padahal belum tentu siswa tersebut berbakat di bidang itu.
      Persepsi guru tentang bimbingan dan konseling juga sangat baik. Dimana dengan adanya guru BK. Dapat juga membantu guru dalam membimbing siswa kearah yang lebih baik, mengatasi masalah siswa dan mencari solusi yang tepat. Seperti yang terdapat di dalam Kepmen Diknas Nomor 025/0/1995 pengertian bimbingan dan konseling adlah pelayanan dan bantuan untuk peserta didik, baik secara perorangan maupun kelompok, agar mampu mandiri dan berkembang secara optimal dalam bidang bimbingan pribadi, bimbingan social, bimbingan belajar, dan bimbingan karier, melalui berbagai jenis layanan kegiatan pendukung, berdasarkan norma-norma yang berlaku.
Sedangkan menurut Priyatno dan Erman Amti (1994: 124) Presepsi Terhadap Bimbingan konseling terbagi sebagai berikut ;
1)      Bimbingan dan konseling disamakan saja dengan atau dipisahkan sama sekali dari pendidikan.
2)      Konselor di sekolah dianggap sebagai polisi sekolah.
3)      Bimbingan dan konseling dianggap semata-mata sebagai proses pemberian nasehat.
4)      Bimbingan dan konseling dibatasi pada hanya menangani maslah yangbersifat incidental.
5)      Bimbingan dan konseling dibatasi hanya untuk klien- klien tertentu saja.
6)      Bimbingan dan konseling melayani “ orang sakit” dan “ kurang normal”.
7)      Bimbingan dan konseling bekerja sendiri.
8)      Konselor harus aktif, sedangkan pihak lain pasif.
9)      Menganggap pekerjaan bimbingan dan konseling dapat dilakukan olehsiapa saja.
10)  Pelayanan bimbingan dan konseling berpusat pada keluhan pertama saja.
11)  Menyamakan bimbingan dan konseling dengan pekerjaan dokter dan psikiater.
b.      Jelaskan minimal 3 (tiga) fungsi bimbingan dan 3 (tiga) asas pokok bimbingan. Jawaban saudara dilengkapi contoh konkrit dan fakta actual di lapangan !
Jawaban:
1.      Fungsi bimbingan dan konseling
Menurut Prayitno (dalam Arni Muhammad dan Asmidir Ilyas, 2005:58) untuk mencapai tujuan bimbingan dan konseling,  maka bimbimbingan dan konseling berfungsi:
1)      Fungsi pemahaman
Memahami siswa dan permsalahannya akan memungkinkan adanya jalan keluar dari masalah tersebut. Sehingga diharapkan siswa terlepas dari permasalahan yang dialaminya. Contoh: ketika seorang guru menemukan seorang siswa yang tidak konsentrasi belajar sehingga banyak melamun, guru mata pelajaran dapat berbicara empat mata dengan siswa tersebut. Jika oleh guru  mata pelajaran tidak dapat memberikan solusi tentang masalah yang dialami siswa tersebut atau siswa itu tidak mau bercerita tentang masalah yang dia alami, maka di sini berlaku fungsi bimbingan konseling yang memiliki fungsi pemahaman siswa, karena guru BK memiliki trik dan strategi dalam memahami tiap siswa yang berbeda dan pendekatan yang berbeda pula.
2)      Fungsi pencegahan
Untuk mencegah dan paling tidak memperkecil akibat yang akan timbul dari masalah siswa. Contoh: guru pembimbing dapat menjalankan fungsi ini melalui pendidikan sex, seperti mendatangkan pemateri dari luar sekolah.
3)      Fungsi pemeliharaan
Memberikan pemeliharaan terhadap potensi dan kekuatan yang ada pada individu agar tidak terbuang sia-sia dan mengurangi kekurangan dari individu secara sedikit demi sedikit. Contoh: guru pembimbing memberikan dorongan berupa motivasi, inspirasi daan semangat agar siswa mau dan mampu menyalurkan potensi dan kekuatannya.misalnya seorang anak yang pandai bermain sepakbola, walaupun bukan ranah akademik, guru pembimbing wajib memberikan motivasi, inspirasi dan semangat agar anak tersebut dapat menyalurkan potensinya bermin sepakbola.
4)      Fungsi pengembangan
Membantu untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri siswa, sehingga individu/siswa dapat puas dan bahagia dalam hidupnya. Contoh: Ketika guru pembimbing telah mengetahui kecendrungan potensi siswa, guru pembimbing dapat memberikan penguatan atau apresiasi agar siswa tersebut dapat mengembangkan potensinya. Seperti contoh di atas guru pembimbing dapat memberikan motivasi dari pemain bola dunia dan lain-lain.
5)      Fungsi pengentasan
saha untuk memecahkan masalah siswa sehingga siswa dapat terentaskan dari masalah tersebut dan memperoleh kebahagiaan hidupnya. Contoh: seorang siswa kesulitan pada mata pelajaran fisika, kesultan itu disebabkan oleh banyak factor, di sini guru pembimbing dapat menjalankan fungsinya dalam fungsi pengentasan dengan cara pendalaman masalah siswa dan mencari solusinya seperti: meminta guru fisika menambahkan jam pelajaran, menyarankan siswa untuk ikut les privat atau saran lainnya yang bertujuan untuk mengentaskan atau menyelesaikan masalah siswa tersebut.
2.      Asas bimbingan dan konseling
Menurut Prayitno (dalam Arni Muhammad dan Asmidir Ilyas, 2005:62) dan (dalam Dewa Ketut Sukardi dan Desak P.E Nila Kusmawati, 2008:14) beberapa asas bimbingan dan konseling yang perlu diterapkan dan diingat adalah: (1) asas kerahasiaan, (2) asas kesukarelaan, (3) asas keterbukaan, (4) asas kekinian, (5) asas kemandirian, (6) asas kegiatan, (7) asas kedinamisan, (8) asas keterpaduan, (9) asas kenormatifan, (10) asas keahlian, (11) asas alih tangan, dan (12) asas Tut Wuri Handayani.
Disini saya akan menjelaskan sekaligus member contoh 3 (tiga) asas bimbingan dan konseling dari 12 (dua belas) asas diatas.
1)      Asas kerahasiaan
Kegiatan bimbingan dan konseling adalah melayani individu yang bermasalah. Sebahagian besar orang beranggapan bahwa masalah merupakan suatu aib yang harus ditutupi sehingga tidak seorangpun boleh tahu akan adanya masalah tersebut. Jika bimbingann dan konseling di sekolah hendak dimanfaatkan secara penuh, maka masalah yang dihadapi siswa tidak akan diberitahukan kepada orang lain. Segala hal yang diungkapkan atau dikatakan siswa kepada guru BK tidak berhak diketahui oleh orang lain yang tidak berkepentingan. Contohnya: Contoh: ketika seorang guru menemukan seorang siswa yang tidak konsentrasi belajar sehingga banyak melamun, guru mata pelajaran dapat berbicara empat mata dengan siswa tersebut. Jika oleh guru  mata pelajaran tidak dapat memberikan solusi tentang masalah yang dialami siswa tersebut atau siswa itu tidak mau bercerita tentang masalah yang dia alami, maka di sini berlaku fungsi bimbingan konseling yang memiliki fungsi pemahaman siswa, karena guru BK memiliki trik dan strategi dalam memahami tiap siswa yang berbeda dan pendekatan yang berbeda pula. Kemudian guru BK tidak boleh memberitahukan masalah yang telah diungkapkan siswa kepada orang lain.
2)      Asas kesukarelaan
Bila asas kerahasiaan benar-benar berjalan sebagaimana mestinya , maka pada diri siswa dapat diharapkan adanya kesukarelaan siswa untuk memecahkan masalahnya bersama guru BK. Contohnya: seorang anak mengalami masalah dalam mempelajari matematika, karena metode belajar guru mata pelajaran sulit dipahaminya. Oleh karena segan mengatakan langsung kepada guru yang bersangkutan dan takut guru yang bersangkutan marah, maka siswa dengan sukarela mengadukan masalahnya tersebut kepada guru BK dengan harapan aka nada solusi yang tepat yang akan diberikan oleh guru BK.
3)       Asas keterbukaan
Bimbingan dan konseling yang efisien hanya berlangsung dalam suasana keterbukaan yaitu masing-masing (antara guru pembimbing dan siswa asuh) bersedia membuka diri untuk kepentingan pemecahan masalah. Contohnya: ketika siswa sudah mau menceritakan masalah kepada guru pembimbing, maka semua penyebab ataupun akibat dari masalah itu harus diceritakan oleh siswa maupun guru secara transparan tanpa ada yang ditutupi sedikitpun.
c.       Jelaskan tujuan , manfaat/guna, dan sasaran pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah ! jawaban saudara dilengkapi contoh.
Jawaban:
1.      Tujuan bimbingan dan konseling di sekolah
Menurut saya tujuan bimbingan dan konseling tidak terbatas pada siswa-siswa saja. Tetapi mencakup keseluruhan masyarakat sekolah pada umumnya yaitu untuk kepentingan sekkolah, siswa, guru dan orang tua. Seperti yang dikemukakan Prayitno (dalam Arni Muhammad dan Asmidir Ilyas, 2005:56) sebagai berikut:
a)      Tujuan bimbingan dan konseling untuk kepentingan sekolah meliputi:
1)      Menyusun dan menyesuaikan data tentang siswa.
2)      Sebagai penengah antara sekolah dan masyarakat.
3)      Mengadakan penelitian tentang siswa dan latar belakang siswa.
4)      Menyelenggarakan program tes.
5)      Membantu menyelenggarakan kegiatan penataran bagi guru dan staf lainnya.
6)      Menyelenggarakan pendidikan lanjutan bagi siswa yang sudah tamat (tambahan keterampilan).
b)      Tujuan bimbingan dan konseling untuk kepentingan untuk siswa meliputi:
1)      Membantu siswa untuk mengembangkan diri sesuai dengan potensi yang dipunyai.
2)      Membantu sosialisai sensitifikasi siswa terhadap kebutuhannya
3)      Membantu siswa untuk mengembangkan motivasi belajar.
4)      Memberikan dorongan dalam mengarahkan diri, pemecahan masalah pengambilan keputusan dalam pendidikan.
5)      Mengembangkan sikap dan nilaisecara menyeluruh serta puas dengan keadaan hidup.
6)      Membantu siswa dalam memahami tingkah laku manusia.
7)      Membantu siswa dalam memperoleh kepuasan diri
8)      Membantu siswa untuk hidup seimbang dalam aspek jasmani, rohani, emosi dan social.
9)      Membantu siswa mendapat kesempatan dalam mengembangkan potensinya di lingkungan dan masyarakat.
c)      Tujuan bimbingan dan konseling untuk guru meliputi:
1)      Membnatu guru dalam keseluruhan program pendidikan.
2)      Membantu guru dalam usaha memahami perbedaan individu siswa.
3)      Merangsang dan mendorong penggunaan prosedur dan teknik bimbingan.
4)      Membantu dan mengenalkan pentingnya keterlibatan diri dalam keseluruhan program pendidikan.
5)      Membantu guru dalam berkomunikasi dengan siswa.
d)     Tujuan bimbingan dan konseling untuk orangtua siswa meliputi:
1)      Membantu orangtua dalam menghadapi masalah hubungan antara siswa dengan keluarga.
2)      Membantu dalam memperoleh pengertian tentang masalah siswa serta bantuan yang dapat diberikan.
3)      Membina hubungan baik antara keluarga dan sekolah.
4)      Membantu memberikan pengertian terhadap orangtua tentang pendidikan pada umumnya.
2.      Manfaat/guna bimbingan dan konseling di sekolah
Manfaat/ guna BK disekolah adalah sangat bermanfaat bagi siswa dalam mengatasi segala persoalan yang dialaminya. Baik persoalan akademik maupun persoalan pribadi siswa tersebut. Sehingga siswa tidak melakukan tingkah laku menyimpang.
3.      Sasaran bimbingan dan konseling di sekolah
Secara umum sasaran dari bimbingan adalah mengembangkan apa yang terdapat pada diri tia-tiap individu sendiri, lingkungannya dan masyarakat pada umunya. Secara lebih khusus sasaran pembinaan pribadi siswa melalui layanan bimbingan mencakup tahapan-tahapan pengembangan kemampuan-kemampuan:
1)      Pengungkapan, pengenalan, dan penerimaan diri.
2)      Pengenalan lingkungan.
3)      Pengambilan keputusan.
4)      Pengarahan diri.
5)      Perwujudan diri.
Contoh tujuan bimbingan dan konseling di sekolah. Ada seorang siswa yang bermasalah sulit memahami mata pelajaran matematika, maka guru BKdapat membantu siswa tersebut sehingga dapat membantu guru dalam menyelesai kan masalah siswa, sehingga siswa tersebut bisa mendapatkan nilai yang bagus dan tidak mengecewakan orangtuanya. Dengan hal tersebut juga mendorong siswa mengarah kan dirinya dan mengambil keputusan yang baik.
d.      Jelaskan tugas dan tanggungjawab apa yang dapat saudara lakukan sebagai guru mata pelajaran (sesuai jurusan/prodi) yang saudara jalani saat ini dalam memasyarakatkan bimbingan dan konseling sekolah?
Jawaban:
      Berdasarkan Keputusan Menpan Nomor 84/1993 ( dalam Arni Muhammad dan Asmidir Ilyas, 2005:42)  adapun tugas pokok guru adalah (1) menyusun program pengajaran, menyajikan program pengajaran, evaluasi belajar, analisis hasil belajar, serta menyusun program perbaikan, dan pengayaan terhadap peserta didik yang menjadi jawabnya, (2) menyusun program bimbingan, evaluasi pelaksanaan bimbingan, analisis hasil pelaksanaan bimbingan , dan tindak lanjut dalam program binmbingan terhadap peserta didik yang menjadi tanggung jawabnya. Tanggung jawab guru adalah menyelesaikan tugas sebagai tenaga pengajar atau pembimbing sesuai dengan tujuan pendidikan pendidikan yang dibebankan kepadanya.
      Jadi tugas dan tanggung jawab yang dapat saya lakukan dalam mata pelajaran TIK untuk memasyarakatkan bimbingan dan konseling di sekolah adalah sebagai berikut:
1)      Merencanakan kegiatan penyelesaian studi PTIK, memberikan pelajaran teknologi yang sesuai dengan perkembangan zaman dan berguna bagi karier kehidupannya di masa depan.
2)      Mengembangkan seluruh potensi dan kekuatan yang dimiliki peserta didik secara optimal.
3)      Menyesuaikan diri dengan lingkungan pendidikan, lingkungan masyarakat serta lingkungan kerjanya.
4)      Mengatasi hambatan dan kesulitan yang dihadapi dalam studi, penyesuaian dengan lingkungan pendidikan, masyarakat, maupun lingkungan kerja.
Prayitno (2003) memerinci peran, tugas dan tanggung jawab guru-guru matapelajaran dalam bimbingan dan konseling adalah : 
1)      Membantu memasyarakatkan pelayanan bimbingan dan konseling kepada siswa.
2)      Membantu guru pembimbing/konselor mengidentifikasi siswa-siswa yang memerlukan layanan bimbingan dan konseling, serta pengumpulan data tentang siswa-siswa tersebut.
3)      Mengalih tangankan siswa yang memerlukan pelayanan bimbingan dan konseling kepada guru pembimbing/konselor.
4)      Menerima siswa alih tangan dari guru pembimbing/konselor, yaitu siswa yang menuntut guru pembimbing/konselor memerlukan pelayanan pengajar /latihan khusus (seperti pengajaran/ latihan perbaikan, program pengayaan).
5)      Membantu mengembangkan suasana kelas, hubungan guru-siswa danhubungan siswa-siswa yang menunjang pelaksanaan pelayanan pembimbingandan konseling.
6)      Memberikan kesempatan dan kemudahan kepada siswa yang memerlukan layanan/kegiatan bimbingan dan konseling untuk mengikuti/menjalani layanan/kegiatan yang dimaksudkan itu.
7)      Berpartisipasi dalam kegiatan khusus penanganan masalah siswa, seperti konferensi kasus.
8)      Membantu pengumpulan informasi yang diperlukan dalam rangka penilaian pelayanan bimbingan dan konseling serta upaya tindak lanjutnya.
e.       Jelaskan mengapa kerjasama guru mata pelajaran dengan guru bimbingan dan konseling kurang/tidak terjalin dengan baik selama ini? Jelaskan upaya yang perlu saudara lakukan? Serta bentuk-bentuk kemitraan seperti apa yang perlu ditumbuhkembangkan antara guru mata pelajaran dengan guru pembimbing (konselor) dan personil lainnya di sekolah guna untuk perkembangan siswa secara optimal sesuai dengan tujuan bimbingan dan konseling?
Jawaban:
1.      Kurangnya kerjasama antara guru mata pelajaran dengan guru BK, dikarenakan guru mata pelajaran merasa bahwa ia sendiri mampu mengatasi masalah-masalah yang dihadapi siswa. Padahal tidak semua masalah yang dialami siswa dapat diatasi oleh guru mata pelajaran. Guru BK lah yang memiliki wawasan dan pengalaman dalam mengatasi masalah yang dialami siswa dan memberikan solusi yang tepat.
2.      Upaya yang dapat saya lakukan adalah sebagai calon guru nantinya tentunya akan memulai diri saya sendiri terlebih dahulu harus menjalin kerjasama yang baik dengan guru BK. Setelah itu guru-guru yang lain pasti akan terpengaruh juga menjalin kerjasama dengan guru BK agar siswa-siswa yang mengalami masalah dengan mata pelajaran yang kami ajarkan dapat terselesaikan masalahnya dan semua akan lulus di semua mata pelajaran yang kami ajarkan.
3.      Bentuk-bentuk kemitraan yang perlu dikembangkan antara guru matapelajaran dengan guru BK adalah sebagai berikut:
a)      Membantu memasyarakatkan pelayanan BK kepada siswa.
b)      Membantu guru pembimbing mengidentifikasi siswa-siswa yang memerlukan  layanan BK serta pengumpulan data tentang siswa-siswa tersebut.
c)      Mengalihtangankan siswa yang memerlukan pelayanan BK kepada guru pembimbing.
d)     Menerima alih tangan dari guru pembimbing yaitu siswa yang menurut guru pembimbing memrlukan pelayanan pengajaran latihan khusus.
e)      Membantu mengembangkan suasana kelas, hubungan guru siswa dan hubungan siswa-siswa yang menunjang pelaksanaan pelayanan BK.
f)       Memberikan kesempatan dan kemudahan kepada siswa yang memerlukan layanan BK.
g)      Berpartisipasi dalam kegiatan khusus penanganan masalah siswa konferensi kasus.
h)      Membantu pengumpulan informasi yang diperlukan dalam rangka penilaian layanan BK.
f.       Dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah. kegiatan-kegiatan apa yang dapat dilakukan guru mata pelajaran dalam: (a) layanan orientasi, (b) layanan informasi, (c) layanan penguasaan kontes, (d) layanan penempatan dan penyaluran, (e) layanan mediasi, dan (f) layanan konsultasi ?
Jawaban:
Menurut Prayitno (dalam Syahril, dkk., 2009:72)  kegiatan yang dapat dilakukan guru dalam:
a)      Layanan orientasi
Layanan orientasi ditujukan untuk siswa baru dan pihak-pihak lain terutama orang tua siswa guna memberikan pemahaman dan penyesuaian diri terutama penyesuaian siswa terhadap lingkungan sekolah yang baru dimasukinya. Secara umum, layanan orientasi ini mengandung makna layanan yang diberikan lebih mengarah pada pengenalan, yang barangkali bukan hanya untuk siswa baru tetapi juga perlu diberikan kepada siswa-siswa dikelas yang lebih tinggi. Pengenalan itu juga terarah kepada salah satu atau lebih dari bidang bimbingan yang ada. Kegiatan yang dapat dilakukan adalah guru mata pelajaran ikut berpartisipasi dalam kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS).
b)      Layanan informasi
Layanan informasi bertujuan untuk membekali individu siswa dengan berbagai pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai hal yang berguna untuk mengenal diri, merencanakan dan mengembangkan pola kehidupan sebagai pelajar, anggota keluarga dan masyarakat. Kegiatan yang dapat dilakukan adalah memberikan kesempatan kepada siswa mengenali dirinya, kemudian beri masukan.
c)      Layanan penguasaan kontens
Layanan penguasaan kontens atau layanan pembelajaran bertujuan untuk memungkinkan siswa memahami dan mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik, keterampilan dan materi belajar yang cocok dengan kecepatan dan kesulitan belajarnya, serta kemampuan yang berguna dalam kehidupan dan perkembangan dirinya. Kegiatan yang dapat dilakukan adalah: saat memberikan mata pelajaran, guru hendaknya memperhatikan siswa mengerti atau tidak dengan yang diajarkannya tersebut. Didepan kelas guru harus menjaga wibawanya, sehingga menjadi teladan bagi siswa.
d)     Layanan penempatan dan penyaluran
Layanan ini bertujuan untuk menempatkan dan menyalurkan kemampuan, bakat, minat siswa agar berada pada posisi dan pilihan yang tepat yaitu berkenaan dengan penjurusan, kelompok belajar, pilihan pekerjaan/ karier, kegiatan ekstra kurikuler dll. Kegiatan yang dapat dilakukan adalah: membuat sebuah kegiatan ekstrakurikuler pengembangan bakat dan minat siswa,  sehingga akan terlihat masing-masing bakat dan potensi yang dimiliki siswa.
e)      Layanan mediasi
Layanan mediasi ini merupakan layanan yang bertujuan untuk mengembali -kan siswa ke sikapnya yang lebih baik. Melalui proses mediasi siswa mampu menyadari kemampuan dan sikap dirinya yang mungkin selama ini menimbulkan masalah bagi dirinya dan orang lain. Kegiatan yang dapat dilakukan adalah: tidak menyudutkan siswa atas permasalahan yang sedang siswa. Akan tetapi,  melakukan kerja sama dengan guru BK, untuk mencari solusi terbaik.
f)       Layanan konsultasi
Layanan konsultasi bertujuan supaya siswa bisa sharing atau menceritakan sesuatu yang bisa mengganggunya dalam proses pembelajaran disekolah. Layanan ini sangat dibutuhkan siswa disekolah guna pengentasan masalah bagi siswa melalui guru pembimbing yang ahli di bidangnya. Kegiatan yang dapat dilakukan adalah: guru mata pelajaran menanyakan kepada siswa sudah mengerti atau belum dengan materi yang telah diberikan. Jika belum, maka guru mata pelajaran harus menerangkan kembali materi tersebut sampai siswa bisa mengerti.

8.      Jelaskan usaha apa yang dapat dilakukan Guru Mata Pelajaran yang professional di masa depan untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan proses pembelajaran PAKEM untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan mutu pendidikan di masa yang akan datang !
Jawaban:
Pembelajaran merupakan salah satu unsur penentu baik tidaknya lulusan yang dihasilkan oleh suatu system pendidikan. Pembelajaran ibarat jantung dari proses pendidikan. Pembelajaran yang baik cenderung menghasilkan lulusan dengan hasil belajar yang baik pula, demikian pula sebaliknya. Hasil belajar pendidikan di Indonesia masih dipandang kurang baik. Sebagian besar siswa belum mampu menggapai potensi ideal/optimal yang dimilikinya. Oleh karena itu, perlu ada perubahan proses pembelajaran dari kebiasaan yang sudah berlangsung selama ini.     
Pembelajaran yang saat ini dikembangkan dan banyak dikenalkan ke seluruh pelosok tanah air adalah Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan atau disingkat dengan PAKEM. Disebut demikian karena pembelajaran ini dirancang agar mengaktifkan anak, mengembangkan kreativitas sehingga efektif namun tetap menyenangkan. Penyajian Unit PAKEM dalam pelatihan MBS bagi sekolah dan Komite Sekolah dimaksudkan untuk:
1)      Memberikan gambaran tentang apa, mengapa, dan bagaimana pelaksanaan PAKEM kepada peserta pelatihan terutama Kepala Sekolah dan Komite Sekolah
2)      Mendorong Komite Sekolah, masyarakat dan orang tua untuk memberikan dukungan terhadap pelaksanaan PAKEM di sekolah.
3)      Meningkatkan manajemen sekolah yang mengutamakan perbaikan proses belajar mengajar.
Depdiknas pada tahun 2005 menjelaskan bahwa tujuan PAKEM adalah untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dengan menyiapkan siswa memperoleh keterampilan, pengetahuan, dan sikap untuk persiapan kehidupan masa depannya. Kegiatan PAKEM mengeksplorasi pengelolaan kelas belajar aktif, strategi dan teknik pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan kemampuan siswa untuk berfikir.
Agar pelaksanaan Pakem berjalan sebagaimana diharapkan, John B. Biggs and Ross Telfer, dalam bukunya “The Process of Learning”, 1987, edisi kedua, menyebutkan paling tidak ada 12 aspek dari sebuah pembelajaran kreatif, yang harus dipahami dan diusahakan oleh seorang guru yang baik dalam proses pembelajaran terhadap siswa sehingga meningkatkan hasil belajar siswa dan mutu pendidikan di masa yang akan datang:
1)      Memahami potensi siswa yang tersembunyi dan mendorongnya untuk berkembang sesuai dengan kecenderungan bakat dan minat mereka.
2)      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar meningkatkan rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan bantuan jika mereka membutuhkan.
3)      Menghargai potensi siswa yang lemah/lamban dan memperlihatkan entuisme terhadap ide serta gagasan mereka.
4)      Mendorong siswa untuk terus maju mencapai sukses dalam bidang yang diminati dan penghargaan atas prestasi mereka.
5)      Mengakui pekerjaan siswa dalam satu bidang untuk memberikan semangat pada pekerjaan lain berikutnya.
6)      Menggunakan kemampuan fantasi dalam proses pembelajaran untuk membangun hubungan dengan realitas dan kehidupan nyata.
7)      Memuji keindahan perbedaan potensi, karakter, bakat dan minat serta modalitas gaya belajar individu siswa.
8)      Mendorong dan menghargai keterlibatan individu siswa secara penuh dalam proyek-proyek pembelajaran mandiri.
9)      Menyatakan kapada para siswa bahwa guru-guru merupakan mitra mereka dan perannya sebagai motivator dan fasilitator bagi siswa.
10)  Menciptakan suasana belajar yang kondusif dan bebas dari tekanan dan intimidasi dalam usaha meyakinkan minat belajar siswa.
11)  Mendorong terjadinya proses pembelajaran interaktif, kolaboratif, inkuiri dan diskaveri agar terbentuk budaya belajar yang bermakna (meaningful learning) pada siswa.
12)  Memberikan tes/ujian yang bisa mendorong terjadinya umpan balik dan semangat/gairah pada siswa untuk ingin mempelajari materi lebih dalam.






















70 komentar

tambahan soal
1. bagaimana penerapan kode etik pada profesi guru
2. apa manfaat kode etik bagi guru
3. apa sebenarnya hakikat pendidikan serta mengapa pendidikan itu sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia
4. apa saja kinerja guru yang profesional
5. apa saja penghargaan serta sanksi yang diberikan pada guru menurut undang-undang atau peraturan pemerinta indonesia
6. apa saja tugas pokok dan fungsi masing-masing komponen dalam struktur sekolah


Reply

Selamat hari untuk semua warga negara Indonesia dan juga semua ASIA, nama saya Nyonya Nurliana Novi, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah benar mendukung saya melalui ibu yang baik Nyonya Elina

 Setelah beberapa periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.

Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian intorduce saya kepada Nyonya Elina, yang adalah pemilik dari sebuah perusahaan pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk mengajukan permohonan dari Nyonya Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ny. Elina.

Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.


Mereka juga memiliki tim ahli yang akan menyarankan Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan bagaimana menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.


Semoga ALLAH memberkati Ibu Elina untuk membuat hidup mudah bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk dapat menghubungi Ibu Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda

Ada perusahaan palsu lain online menggunakan kesaksian saya untuk mencapai keinginan egois mereka, saya adalah satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran di sana kepada ibu ,, harap berhati-hati dari orang-orang ini baik-baik saja

Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: nurliananovi96@gmail.com

Reply

Halo,
Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

Reply

Salam kepada semua orang, Tuhan pasti akan menjawab semua pemberi pinjaman palsu yang mencuri uang kita dengan menyamarkan pemberi pinjaman uang kepada kita, mereka datang dengan segala macam pembicaraan manis seperti memberikan pinjaman dengan suku bunga rendah, mereka semua scam kecuali Ibu yang baik. Perusahaan Rossa Stanley, yang merupakan satu-satunya pemberi pinjaman yang benar dan asli yang meminjamkan bunga 2%, inilah kisah saya, nama saya adalah annisa dari bali, indonesia, seorang pemilik restoran, jangan tertipu atau takut pinjaman tidak dapat diperoleh dari internet, itu mungkin dan saya penerima pinjaman Internet. Saya membaca beberapa komentar Anda tentang bagaimana Anda scammed, Ya mereka scammers, dan mereka juga pemberi pinjaman nyata. Dan ibu rossa adalah salah satunya. Karena banyak pemberi pinjaman scam, saya awalnya skeptis, saya memutuskan untuk meminta pinjaman kepada ibu rossa, jadi saya menghubungi ibu rossa untuk permintaan pinjaman saya sebesar Rp100.000.000,00 dan dalam waktu 24 jam pinjaman saya disetujui dan dikirim ke rekening bank BCA saya, dan pinjaman ini datang dengan tingkat bunga sangat rendah 2% tidak seperti bank-bank di sini di Indonesia yang memberikan pinjaman sebesar 7% atau lebih, saya harus mengakui ketika saya mendapatkan uang, saya terkejut dan masih terkejut sampai saat ini, walaupun ada beberapa yang ditolak karena tidak memenuhi syarat untuk pinjaman. Tetapi saya diberikan karena keseriusan dan pendekatan saya yang tulus, saya mendapatkan pinjaman saya, dan ketika saya bertanya kepada ibu rossa bagaimana dia mendapatkan uang yang dia pinjamkan kepada banyak orang, dia mengatakan itu didukung oleh negara-negara bersatu dan bank dunia untuk membantu orang miskin sekitar ASIA dan AFRIKA untuk mengurangi kemiskinan saya tidak bisa berhenti berterima kasih kepada ibu rossa karena telah menyingkirkan saya dan keluarga saya dari kemiskinan, jadi saya merasa karena dia baik dan baik kepada saya, saya perlu berbagi berita tentang perusahaannya sehingga orang-orang akan tahu tentang dia pinjaman perusahaan dan juga menghindari jatuh cinta kepada pemberi pinjaman palsu yang membanjiri mana-mana dengan cerita palsu., Anda dapat berbicara dengan ibu rossa melalui email, whats-app dan teks, saya merasa dibandingkan dengan berbagi rincian ini tetapi banyak yang tidak serius dan akan memanggil ibu tidak perlu jadi saya hanya bisa memberikan alamat emailnya untuk mencapai ibu rossa yang rossastanleyloancompany@gmail.com, jika Anda menghubungi mereka, mereka akan menjawab Anda dengan cepat dan jika Anda ragu dengan apa pun Anda dapat menghubungi saya di Facebook @ annisa buat atau emai Aku di annisaberkarya@gmail.com. semoga ALLAH yang maha kuasa terus memberkati dan melindungi wanita rossa stanley yang baik dan pengertian ini.

Reply

Hubungi kami:
                                            via BBM INVITE: {D8980E0B}
                                              WhatsApp: (+ 44) 7480 729811
                                                Tel .... (+ 44) 7480 729811
e_mail: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
Apakah Anda memerlukan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi dan mendesak? Pencarian Anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini karena kami di sini untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Jika Anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan dengan alasan apa pun jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda karena kami adalah solusi untuk kemalangan finansial Anda. Kami telah menyediakan Miliaran (mata uang berbeda) dalam pinjaman bisnis kepada lebih dari 32.000 pemilik bisnis. Kami menggunakan teknologi risiko yang kami tentukan sendiri untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat tumbuh urusanmu. kami menawarkan pinjaman untuk semua jenis dengan tingkat bunga rendah dan juga jangka waktu untuk membayar kembali pinjaman. Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk membayar tagihan? Atau Anda merasa perlu memulai bisnis baru? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pendanaan yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi dalam spesialisasi apa pun yang akan menguntungkan Anda? ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY bertujuan untuk memberikan layanan keuangan profesional yang sangat baik

Reply

SELAMAT SIANG,

Penawaran pinjaman yang andal berlaku sekarang dan dapatkan pinjaman !!! Ini adalah kesempatan bagi mereka yang mengalami kesulitan keuangan dan mereka yang menginginkan kekacauan keuangan dalam hidup mereka, kami memberikan kredit dengan tingkat bunga 2% yang sangat masuk akal, kami memberikan semua jenis pinjaman untuk membantu negara yang mengalami tekanan keuangan. Banyak yang menderita dan membutuhkan bantuan untuk meningkatkan standar hidup mereka, banyak yang kehilangan pekerjaan dan membutuhkan bantuan keuangan untuk memulai bisnis, banyak dari bantuan keuangan perlu membersihkan rekening dan hutang mereka. Ini adalah keputusan bijak untuk Anda sekarang. Penawaran pinjaman kami dijamin berarti tidak ada jaminan yang dipermasalahkan. Sebagai pemohon pinjaman, Anda meminta pinjaman dengan perincian kontak saya di bawah ini. Nama: John E-mail: mrjohnrobertloanfirm@gmail.com (Whatsapp) +380958068235

Reply

KAMI TAWARKAN SEMUA JENIS PINJAMAN - BERLAKU UNTUK PINJAMAN TERJANGKAU.

Apakah Anda mencari pinjaman? Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Global Finance Limited memberikan pinjaman kepada perusahaan dan perorangan dengan suku bunga rendah dan terjangkau 2%. untuk semua staf atau orang, silakan hubungi kami untuk bantuan keuangan segera atau strees, kami bangga dengan komitmen kami kepada pelanggan kami; Harus diakui, pinjaman pribadi, pinjaman mobil, pinjaman bisnis / investasi, pinjaman jangka pendek untuk mulai berpikir tentang mendapatkan pinjaman? Apakah Anda serius memerlukan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda berhutang? Ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman dan bisnis pinjaman perusahaan dan semua jenis pinjaman, Anda dapat menghubungi kami di pinjaman yang terjangkau sekarang hubungi kami.
Alamat email: augustaibramhim11@gmail.com

Saya minta maaf atas apa yang telah Anda lalui sebelumnya, menginfeksi itu salah satu masalah di tangan pemberi pinjaman palsu, Apakah Anda seorang pria atau wanita bisnis? Apakah Anda dalam kekacauan keuangan atau Apakah Anda perlu dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai Skala Kecil dan bisnis menengah yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda kesulitan mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Pelamar yang tertarik harus Hubungi kami melalui email:
Alamat email: augustaibramhim11@gmail.com

DATA APLIKASI
1) Nama Lengkap:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Negara:
5) Seks:
6) Status perkawinan:
7) Pekerjaan:
8) Nomor Telepon:
9) Posisi saat ini di tempat kerja:
10) Penghasilan bulanan:
11) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
12) Durasi pinjaman:
13) Tujuan pinjaman:
14) Agama:
15) Sudahkah Anda melamar sebelumnya:
16) Tanggal Lahir:

Saya ingin Anda tahu bahwa ALLAH tidak akan membiarkan orang-orang baik kelaparan tetapi dia akan tetap jahat dari apa yang mereka inginkan.

Saya ingin Anda tahu bahwa perusahaan ini adalah perusahaan asli dengan rekam jejak yang baik. Saya juga ingin memberi tahu Anda bahwa kami tidak pernah terlibat dalam aktivitas penipuan apa pun. dan saya dapat meyakinkan Anda bahwa apa yang perusahaan lain tidak bisa lakukan untuk Anda, saya akan melakukannya untuk Anda, dan saya akan membuat Anda bahagia dan membuat senyum di wajah Anda baik-baik saja. saya berikan kata-kata saya hanya percaya padaku dan Anda tidak akan menyesal melakukan bisnis dengan kami, mencari lebih banyak, karena kami di sini untuk menangani semua masalah keuangan Anda, sesuatu dari masa lalu.

Saya dapat meyakinkan Anda 100% bahwa kami adalah perusahaan yang dapat diandalkan yang saat ini menyiapkan skema dalam bentuk akuisisi Pinjaman untuk membantu berbagai individu serta organisasi yang memiliki niat merenovasi, utang? Apakah Anda memerlukan pinjaman darurat untuk membayar hutang Anda, atau apakah Anda memerlukan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Apakah Anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan konsolidasi atau pinjaman hipotek? refinancing? dan juga pendirian pakaian bisnis. Saya seorang wanita bisnis internasional dan Pemberi Pinjaman yang telah menawarkan Pinjaman kepada perorangan dan perusahaan di Eropa, Asia, Afrika, dan bagian lain dunia.

Pinjaman kami diasuransikan dengan baik untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami, tujuan utama kami adalah untuk membantu Anda mendapatkan layanan yang Anda pantas, Program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan dalam sekejap. Kurangi pembayaran Anda untuk mengurangi beban pengeluaran bulanan Anda. Dapatkan fleksibilitas yang dapat Anda gunakan untuk tujuan apa pun mulai dari liburan, pendidikan, hingga pembelian unik. Pelamar yang tertarik harus Hubungi kami melalui email:
Nyonya Augusta Ibramhim GCF
Nomor WhatsApp: +2347015872437
Alamat email: augustaibramhim11@gmail.com

Reply

Poin terakhir saya untuk mengucapkan selamat tinggal pada pencarian pinjaman adalah bahwa ketika Tuhan mengirim saya makanan untuk bisnis dan mata pencaharian saya sampai hari ini, saya melihat seseorang yang bersaksi tentang kredit baik di Facebook dan saya melamar, Miss Rika Anderson: W / A +19147057484 memberi saya pinjaman sebesar Rp150.000.000 dan mentransfernya langsung ke rekening bank BRI saya baru-baru ini. Saya hanya bisa memberikan kesaksian online karena saya tahu ada banyak orang di luar sana yang sangat membutuhkan, dan dengan suku bunga rendah. Jangan buang waktu lagi untuk membayar hutang dan tagihan Anda dengan bantuan perusahaan pinjaman Mrs. Rika Anderson. Anda dapat bergabung dengan ibu melalui rikaandersonloancompany@gmail.com, dia adalah ibu yang baik dan berbudi luhur, jadi jangan takut untuk bertemu dengannya untuk meminta bantuan. Jika Anda memiliki keraguan atau ketakutan, Anda dapat menghubungi saya melalui.
PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
Nyonya Rika Anderson
W / A +19147057484
rikaandersonloancompany@gmail.com
farahagungs@gmail.com
BRI

Reply

Salam kepada semua orang, Tuhan pasti akan menjawab semua pemberi pinjaman palsu yang mencuri uang kita dengan menyamarkan pemberi pinjaman kepada kita, mereka datang dengan segala macam pembicaraan manis seperti memberikan pinjaman dengan tingkat bunga rendah, mereka semua scam kecuali Ibu yang baik. Perusahaan Rossa Stanley, yang merupakan satu-satunya pemberi pinjaman yang benar dan asli yang meminjamkan bunga 2%, inilah kisah saya, nama saya adalah annisa dari bali, indonesia, seorang pemilik restoran, jangan tertipu atau takut pinjaman tidak dapat diperoleh dari internet, itu mungkin dan saya penerima pinjaman Internet. Saya membaca beberapa komentar Anda tentang bagaimana Anda scammed, Ya mereka scammers, dan mereka juga pemberi pinjaman nyata. Dan ibu rossa adalah salah satunya. Karena banyak pemberi pinjaman scam, saya awalnya skeptis, saya memutuskan untuk meminta pinjaman kepada ibu rossa, jadi saya menghubungi ibu rossa untuk permintaan pinjaman saya sebesar Rp100.000.000,00 dan dalam waktu 24 jam pinjaman saya disetujui dan dikirim ke rekening bank BCA saya, dan pinjaman ini datang dengan tingkat bunga sangat rendah 2% tidak seperti bank-bank di sini di Indonesia yang memberikan pinjaman sebesar 7% atau lebih, saya harus mengakui ketika saya mendapatkan uang, saya terkejut dan masih terkejut sampai saat ini, walaupun ada beberapa yang ditolak karena tidak memenuhi syarat untuk pinjaman. Tetapi saya diberikan karena keseriusan dan pendekatan saya yang tulus, saya mendapatkan pinjaman, dan ketika saya bertanya kepada ibu rossa bagaimana dia mendapatkan uang yang dia pinjamkan kepada banyak orang, dia mengatakan itu didukung oleh negara-negara bersatu dan bank dunia untuk membantu orang miskin sekitar ASIA dan AFRIKA untuk mengurangi kemiskinan saya tidak bisa berhenti berterima kasih kepada ibu rossa karena telah menyingkirkan saya dan keluarga saya dari kemiskinan, jadi saya merasa karena dia baik dan baik kepada saya, saya perlu berbagi berita tentang perusahaannya sehingga orang-orang akan tahu tentang dia pinjaman perusahaan dan juga menghindari jatuh cinta kepada pemberi pinjaman palsu yang membanjiri mana-mana dengan cerita palsu., Anda dapat berbicara dengan ibu rossa melalui email, whats-app dan teks, saya merasa dibandingkan dengan berbagi rincian ini tetapi banyak yang tidak serius dan akan memanggil ibu tidak perlu jadi saya hanya bisa memberikan alamat emailnya untuk menghubungi ibu rossa yang rossastanleyloancompany@gmail.com, jika Anda menghubungi mereka, mereka akan menjawab Anda dengan cepat dan jika Anda ragu akan sesuatu, Anda dapat menghubungi saya di Facebook @ annisa buat atau emai Aku di annisaberkarya@gmail.com. semoga ALLAH yang Mahakuasa terus memberkati dan melindungi wanita rossa stanley yang baik dan pengertian ini.

Reply

Salam kepada semua orang, Tuhan pasti akan menjawab semua pemberi pinjaman palsu yang mencuri uang kita dengan menyamarkan pemberi pinjaman kepada kita, mereka datang dengan segala macam pembicaraan manis seperti memberikan pinjaman dengan tingkat bunga rendah, mereka semua scam kecuali Ibu yang baik. Perusahaan Rossa Stanley, yang merupakan satu-satunya pemberi pinjaman yang benar dan asli yang meminjamkan bunga 2%, inilah kisah saya, nama saya adalah annisa dari bali, indonesia, seorang pemilik restoran, jangan tertipu atau takut pinjaman tidak dapat diperoleh dari internet, itu mungkin dan saya penerima pinjaman Internet. Saya membaca beberapa komentar Anda tentang bagaimana Anda scammed, Ya mereka scammers, dan mereka juga pemberi pinjaman nyata. Dan ibu rossa adalah salah satunya. Karena banyak pemberi pinjaman scam, saya awalnya skeptis, saya memutuskan untuk meminta pinjaman kepada ibu rossa, jadi saya menghubungi ibu rossa untuk permintaan pinjaman saya sebesar Rp100.000.000,00 dan dalam waktu 24 jam pinjaman saya disetujui dan dikirim ke rekening bank BCA saya, dan pinjaman ini datang dengan tingkat bunga sangat rendah 2% tidak seperti bank-bank di sini di Indonesia yang memberikan pinjaman sebesar 7% atau lebih, saya harus mengakui ketika saya mendapatkan uang, saya terkejut dan masih terkejut sampai saat ini, walaupun ada beberapa yang ditolak karena tidak memenuhi syarat untuk pinjaman. Tetapi saya diberikan karena keseriusan dan pendekatan saya yang tulus, saya mendapatkan pinjaman, dan ketika saya bertanya kepada ibu rossa bagaimana dia mendapatkan uang yang dia pinjamkan kepada banyak orang, dia mengatakan itu didukung oleh negara-negara bersatu dan bank dunia untuk membantu orang miskin sekitar ASIA dan AFRIKA untuk mengurangi kemiskinan saya tidak bisa berhenti berterima kasih kepada ibu rossa karena telah menyingkirkan saya dan keluarga saya dari kemiskinan, jadi saya merasa karena dia baik dan baik kepada saya, saya perlu berbagi berita tentang perusahaannya sehingga orang-orang akan tahu tentang dia pinjaman perusahaan dan juga menghindari jatuh cinta kepada pemberi pinjaman palsu yang membanjiri mana-mana dengan cerita palsu., Anda dapat berbicara dengan ibu rossa melalui email, whats-app dan teks, saya merasa dibandingkan dengan berbagi rincian ini tetapi banyak yang tidak serius dan akan memanggil ibu tidak perlu jadi saya hanya bisa memberikan alamat emailnya untuk menghubungi ibu rossa yang rossastanleyloancompany@gmail.com, jika Anda menghubungi mereka, mereka akan menjawab Anda dengan cepat dan jika Anda ragu akan sesuatu, Anda dapat menghubungi saya di Facebook @ annisa buat atau emai Aku di annisaberkarya@gmail.com. semoga ALLAH yang Mahakuasa terus memberkati dan melindungi wanita rossa stanley yang baik dan pengertian ini.

Reply

Salam kepada semua orang, Tuhan pasti akan menjawab semua pemberi pinjaman palsu yang mencuri uang kita dengan menyamarkan pemberi pinjaman kepada kita, mereka datang dengan segala macam pembicaraan manis seperti memberikan pinjaman dengan tingkat bunga rendah, mereka semua scam kecuali Ibu yang baik. Perusahaan Rossa Stanley, yang merupakan satu-satunya pemberi pinjaman yang benar dan asli yang meminjamkan bunga 2%, inilah kisah saya, nama saya adalah annisa dari bali, indonesia, seorang pemilik restoran, jangan tertipu atau takut pinjaman tidak dapat diperoleh dari internet, itu mungkin dan saya penerima pinjaman Internet. Saya membaca beberapa komentar Anda tentang bagaimana Anda scammed, Ya mereka scammers, dan mereka juga pemberi pinjaman nyata. Dan ibu rossa adalah salah satunya. Karena banyak pemberi pinjaman scam, saya awalnya skeptis, saya memutuskan untuk meminta pinjaman kepada ibu rossa, jadi saya menghubungi ibu rossa untuk permintaan pinjaman saya sebesar Rp100.000.000,00 dan dalam waktu 24 jam pinjaman saya disetujui dan dikirim ke rekening bank BCA saya, dan pinjaman ini datang dengan tingkat bunga sangat rendah 2% tidak seperti bank-bank di sini di Indonesia yang memberikan pinjaman sebesar 7% atau lebih, saya harus mengakui ketika saya mendapatkan uang, saya terkejut dan masih terkejut sampai saat ini, walaupun ada beberapa yang ditolak karena tidak memenuhi syarat untuk pinjaman. Tetapi saya diberikan karena keseriusan dan pendekatan saya yang tulus, saya mendapatkan pinjaman, dan ketika saya bertanya kepada ibu rossa bagaimana dia mendapatkan uang yang dia pinjamkan kepada banyak orang, dia mengatakan itu didukung oleh negara-negara bersatu dan bank dunia untuk membantu orang miskin sekitar ASIA dan AFRIKA untuk mengurangi kemiskinan saya tidak bisa berhenti berterima kasih kepada ibu rossa karena telah menyingkirkan saya dan keluarga saya dari kemiskinan, jadi saya merasa karena dia baik dan baik kepada saya, saya perlu berbagi berita tentang perusahaannya sehingga orang-orang akan tahu tentang dia pinjaman perusahaan dan juga menghindari jatuh cinta kepada pemberi pinjaman palsu yang membanjiri mana-mana dengan cerita palsu., Anda dapat berbicara dengan ibu rossa melalui email, whats-app dan teks, saya merasa dibandingkan dengan berbagi rincian ini tetapi banyak yang tidak serius dan akan memanggil ibu tidak perlu jadi saya hanya bisa memberikan alamat emailnya untuk menghubungi ibu rossa yang rossastanleyloancompany@gmail.com, jika Anda menghubungi mereka, mereka akan menjawab Anda dengan cepat dan jika Anda ragu akan sesuatu, Anda dapat menghubungi saya di Facebook @ annisa buat atau emai Aku di annisaberkarya@gmail.com. semoga ALLAH yang Mahakuasa terus memberkati dan melindungi wanita rossa stanley yang baik dan pengertian ini.

Reply

MUNGKIN ALLAH dipuji nama saya Humaira Kiyoraka, saya dari kota Jayapura, Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang di grup ini mencari uang pinjaman dengan sangat hati-hati, karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kesulitan keuangan dan bank-bank menolak memberi saya pinjaman karena saya tidak memiliki jaminan sehingga saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Man di Malaysia dan saya dibodohi oleh orang-orang di Malaysia. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya yang telah mengubah saudara perempuan saya, Ny. Mira Binti Muhhamed, yang merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal dan bernama Rossastanley, seorang pemberi pinjaman pribadi, ketika dia memberi tahu saya tentang hal itu, saya menggalinya bagaimana mungkin untuk mendapatkan pinjaman dari internet, tetapi dia tertawa dan mengatakan kepada saya bahwa, itu adalah pemikirannya pada awalnya tetapi dia memutuskan untuk menghubungi Nyonya Rossa stanley dan bahwa ketika pinjaman itu disetujui dia tidak percaya sampai ibu Rossa menjelaskan kepadanya bahwa PBB adalah orang yang mendukung mereka secara finansial untuk membantu orang-orang miskin dari ASIA sehingga saya memutuskan untuk menghubungi ibu Rossa stanley layanan pelanggan perusahaan pinjaman melalui email dan segera mereka menjawab bagaimana mereka dapat membantu sehingga saya memberi tahu mereka Ny. Mira Binti Muhammed memberi saya kontak perusahaannya dan saya mengisi formulir dan lihat pinjaman saya disetujui, bagian yang menakjubkan adalah suku bunga rendah hanya 2% jadi saya melanjutkan untuk mengajukan pinjaman sebesar Rp250.000.000,00 dan lihatlah setelah melewati proses verifikasi, pinjaman saya untuk Rp250.000.000 disetujui dan mereka meminta perincian bank saya, saya segera mengirim perincian Rekening Bank Negara Indonesia (BNI) dan Lihatlah pinjaman saya ditransfer ke ACCOUNT saya, saya tidak bisa TERIMA kasih cukup dengan MOTOS ROSSA dan adik saya Mira Binti Muhammed And juga Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk skema Kredit yang luar biasa ini sehingga saran saya untuk Anda semua adalah jangan menghubungi semua pemberi pinjaman palsu ini tetapi hubungi layanan pelanggan perusahaan ibu rossa pinjaman melalui email untuk kebutuhan pinjaman cepat dan Anda akan bersaksi seperti saya juga email layanan pelanggan perusahaan Ibu Rossa adalah Rossastanleyloancompany@gmail.com, tetapi jika Anda memerlukan bantuan dalam memproses pinjaman Anda, jangan ragu untuk menulis saya di humairakiyoraka@gmail.com atau saudari saya di Mirabintimuhammed@gmail.com dan Anda pasti akan seperti kami yang sekarang bersaksi kepada ibu rossas bantuan keuangan yang besar,

Semoga ALLAH memberkati kalian semua,

Reply

Whatsapp: +19147057484
Nama saya Merpati Darma, dari kota Depok di Indonesia, saya seorang Islam yang taat, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian hidup saya yang sebenarnya dan sekali lagi untuk mengingatkan semua orang di sini yang hanya ingin mengajukan pinjaman untuk menghubungi ibu Rika Anderson, Dia adalah permata langka dan seorang ibu yang baik hati yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan ketika saya mengajukan pinjaman ke RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, karena dia meminjamkan saya pinjaman saya sebesar Rp350 juta dan hidup saya dan seluruh hidup keluarga saya telah berubah secara finansial, saya sekarang punya bisnis sendiri di kota, membayar hutang saya, keluarga saya bahagia dan anak-anak saya di sekolah yang baik, beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kesulitan keuangan dan karena kebutuhan saya yang mendesak untuk mendapatkan pinjaman, saya ditipu oleh perusahaan pinjaman. Saya kehilangan harapan sampai hari yang setia ini saya sedang memeriksa pinjaman blog dan saya menemukan kesaksian seorang dermawan dari perusahaan pinjaman Rika Anderson dan saya memutuskan untuk menghubungi ibu Rika Anderson melalui email: rikaandersonloancompany@gmail.com Whatsapp: +19147057484 untuk pinjaman dan setelah mengikuti kebijakan perusahaan , pinjaman saya disetujui dan diproses dengan benar dan dalam waktu kurang dari 2 jam saya menerima Rp350 juta di rekening bank saya. jadi saya mendorong sesama orang Indonesia dan Asia yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu RIKA ANDERSON LOAN COMPANY melalui email: rikaandersonloancompany@gmail.com dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: merpatidarma@gmail.com untuk informasi lebih lanjut.
rikaandersonloancompany@gmail.com

Reply

saudara-saudara

Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
BBM: D8E814FC

Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
Gmail saya adalah

Ratu Efendi Lisa
efendiqueenlisa@gmail.com

Reply

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Negara: Indonesia
Nama: Queen Jamillah
Alamat: Nusa Lembongan
Teleph☎:+62 856-9328-4991
WhatsApp:+62 856-9328-4991
https://twitter.com/queen_jamillah
e_mail: queenjamillah09@gmail.com
Sudah dua tahun sekarang saya memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam jumlah 700 juta dari Iskandar Lestari Loan Company dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya bisa membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi lebih lanjut dari bisnis saya sehingga saya mengajukan jumlah 2,7miliar setelah melalui proses hukum transaksi saya disetujui oleh pihak berwenang dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia saya tercapai dengan mudah. ​​Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia karena Ibu Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi ISKANDAR LENDERS hari ini
e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

Reply

Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

 Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: estherpatrick83@gmail.com untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: suryantosuryanto524@gmail.com

Reply

KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK!!!

Halo semua, nama saya Mrs. Arya Theresia, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari MRS CHRISTY MORRIS LOAN FIRM karena begitu banyak pemberi pinjaman kredit palsu di sini di internet dan juga untuk memberi tahu Anda bahwa saya adalah korban penipu internet berkali-kali, jadi saya tidak kehilangan harapan sampai saya dirujuk oleh seorang teman ke pemberi pinjaman terpercaya bernama MRS. CHRISTY MORRIS yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp850.000,0000 dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan, saya sarankan CHRISTY MORRIS LOAN FIRM adalah yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka maju, Amin

Jika Anda memerlukan bantuan tentang cara mendapatkan pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (aryatheresia750@gmail.com)

Anda dapat menghubungi perusahaan secara langsung dengan pinjaman mereka
Email: (christymorrisloanfirm@gmail.com)
Terima kasih
Arya Theresia

Reply

RIKA ANDERSON LOAN COMPANY
email: rikaandersonloancompany@gmail.com
Whatsapp: +19147057484

KESAKSIAN YANG BENAR
Namanya Ayu Amangku
Saya dari Indonesia dan sekarang tinggal di George Town of Penang, Malaysia
Hibah Pinjaman: RM250.000
ayuamangku@gmail.com

Saya sangat berterima kasih kepada Allah dan kepada Mrs. RIKA ANDERSON LOAN COMPANY karena memberi saya pinjaman sebesar RM250.000. Nama saya Ayu Amangku, saya dari Indonesia dan sekarang tinggal di George Town of Penang, Malaysia. Saya telah berutang bertahun-tahun sampai saya mencari pinjaman tanpa riwayat kredit dan saya telah menghubungi banyak keuangan rumah, tetapi semua telah menolak saya.

Saya mencari pinjaman di internet dan tidak pernah berhenti membaca dan belajar tentang RIKA ANDERSON LOAN COMPANY di salah satu blog saya yang menghubungi konsultan kredit Rika melalui email: (rikaandersonloancompany@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan beberapa hari yang lalu dan mencari maju untuk kembali maka saya menyadari bahwa tidak semua blog perusahaan pinjaman benar-benar palsu karena semua penghinaan keuangan saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang besar dan usaha bisnis yang berkualitas.

Saya tidak bisa menyimpan ini untuk saya jadi saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang perubahan hidup ini. Anda dapat menghubungi Ms. Rika Anderson melalui email: rikaandersonloancompany@gmail.com, Rika via Whatsapp: +19147057484 atau juga menghubungi saya untuk informasi melalui Email: ayuamangku@gmail.com

Reply

Halo,
nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat dapat diandalkan yaitu Bunda Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya dari 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan tekanan suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Bunda Alicia Radu

Saya ingin Anda mempercayai Bunda Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

Reply

lihat laman web @ abdulaaleebarakah.loanfirm@gmail.com
Lembaga Pengarah ...... + 44-116-326-4282

Saya aisha binahmed tinggal di Klang Malaysia. Saya seorang janda dengan tiga orang anak, saya ingin memberi kesaksian kepada kerja Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk rakyat saya yang mencari pinjaman di Asia dan bahagian lain perkataan, kerana ekonomi yang buruk di beberapa negara. Anda perlu berhati-hati kerana terdapat banyak peminjam pinjaman palsu di blog ini. Saya telah jatuh ke 4 peminjam tahun ini hanya 2019, saya kehilangan banyak wang kerana saya sedang mencari pinjaman dari syarikat mereka. Saya hampir mati dalam proses kerana saya telah ditangkap oleh orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang kawan saya yang menjelaskan keadaan saya kemudian memperkenalkan saya kepada syarikat pinjaman yang boleh dipercayai, sebuah syarikat pinjaman abdulaaleebarakah yang membantu saya pinjaman RM 480,000 pada kadar faedah 1% yang rendah dalam 1 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika anda memerlukan pinjaman, anda boleh menghubungi firma pinjaman melalui e-mel: (abdulaaleebarakah.loanfirm@gmail.com) Jika anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, anda boleh menghubungi saya melalui e-mel; (aishabinahmed7@gmail.com)
Sapukan sekarang ... (abdulaaleebarakah.loanfirm@gmail.com)
Whataap @ + 44-116-326-4282

Reply

RIKA ANDERSON LOAN COMPANY
Whatsapp: +19147057484
rikaandersonloancompany@gmail.com

Kesaksian: Merpati Darma
kota Depok di Indonesia
BRI- Rp350.000.000 juta
merpatidarma@gmail.com

Nama saya Merpati Darma, dari kota Depok di Indonesia, saya seorang Muslim yang taat, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian sejati hidup saya dan sekali lagi mengingatkan semua orang di sini yang hanya ingin mengajukan pinjaman untuk menghubungi Ibu RIKA ANDERSON, permata langka dan ibu yang baik hati yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan ketika saya mengajukan pinjaman ke RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, karena dia meminjamkan pinjaman saya sebesar Rp350 juta dan kehidupan saya dan seluruh keluarga saya telah berubah secara finansial.

Saya sekarang memiliki bisnis sendiri di kota, melunasi hutang saya, keluarga saya bahagia dan anak-anak saya di sekolah yang baik, beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kesulitan keuangan dan karena kebutuhan mendesak saya untuk mendapatkan pinjaman, saya ditipu oleh sebuah perusahaan pinjaman.

Saya kehilangan harapan sampai hari yang setia ini saya sedang memeriksa blog pinjaman dan saya menemukan kesaksian yang murah hati dari PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON dan saya memutuskan untuk menghubungi ibu Rika Anderson melalui email untuk pinjaman dan setelah mengikuti kebijakan perusahaan, pinjaman saya disetujui dan diproses dengan baik dan dalam waktu kurang dari 2 jam saya menerima Rp350 juta di rekening bank saya.

Jadi saya mendorong sesama orang Indonesia dan Asia yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON.

Reply

Saya Mrs. Mariam Farid, pemberi pinjaman pinjaman swasta, apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk menyelesaikan kebutuhan keuangan Anda, seperti membayar tagihan, mengembangkan bisnis, atau melunasi hutang? Kami memberikan pinjaman kepada individu, perusahaan swasta atau pekerja pemerintah dengan tingkat bunga rendah 2% untuk jumlah yang diminta dan tanpa banyak tekanan atau pekerjaan kertas dan dengan jadwal cicilan bulanan yang nyaman. Hubungi kami melalui email: (mariamfaridfinancialservices@gmail.com) datang dan bagikan kebesaran perusahaan dan penuhi impian Anda.

Reply

Ia luar biasa apabila saya fikir semuanya selesai dengan saya, Puan Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya amat terhutang budi kepada orang-orang yang saya meminjam wang dari geng memerangi saya dan kemudian membuat saya ditangkap akibat hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan supaya tempoh tangguh diberikan kepada saya apabila saya dihantar ke rumah dan dibebaskan untuk pergi dan mencari wang untuk membayar semua hutang yang saya terima jadi saya diberitahu bahawa terdapat beberapa pemiutang sah di dalam talian jadi saya terpaksa mencari Kerana melalui blog saya, saya berulang kali ditipu tetapi ketika Saya dapati Puan Iskandar Ketua Pegawai Eksekutif ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkan saya ke iklannya melalui blog kerana ketertarikan saya dengannya benar-benar satu keajaiban mungkin kerana Allah telah melihat bahawa saya telah banyak mengalami kerana itu adalah apa yang diarahkannya kepada saya. Oleh itu, saya memohon dengan penuh semangat selepas beberapa jam pinjaman saya diluluskan oleh Lembaga dan dalam masa dua hari saya dikreditkan dengan jumlah sebenar yang saya berikan untuk semua ini tanpa tambahan cagaran tanpa cagaran. Saya dan sekarang saya mempunyai supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan daripada orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keputusan kewangan saya tidak mempunyai urusan dengan polis lagi. Anda ingin mengalami kemerdekaan kewangan seperti saya, sila hubungi Ibu menerusi BBM: {D8980E0B} atau melalui e-mel syarikat: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak boleh membahaskan fakta bahawa dalam dunia kesukaran anda memerlukan seseorang untuk membantu anda mengatasi kekacauan membiayai hidup anda dalam satu cara atau lain, maka saya memberi anda mandat untuk mencuba dan menghubungi Cik Iskandar di alamat di atas supaya anda dapat mengatasi penurunan kewangan dalam hidup anda. Anda boleh menghubungi saya melalui e-mel berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) sentiasa positif dengan Cik Iskandar dia akan melihat anda melalui semua cabaran kewangan anda dan kemudian memberi anda pandangan kewangan baru.

Maklumat perhubungan penuh:

Firma: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
E-mel: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
Laman web: {iskandarlestari.wordpress.com}

           TESTIMONI OLEH
Penasihat: Angga Annisa
   E-mel: {anggaannisa1979@gmail.com}
Twitter: [@AnggaAnnisa1]

Reply

NAMA SAYA ADALAH CHRISTABEL MISSAN. APA PRIA / WANITA BISNIS ANDA, PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis seperti pinjaman rumah, pinjaman mobil, pinjaman Hotel, tawaran komersial tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru dengan tingkat bunga rendah 2%, Anda dapat memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keamanan, kebahagiaan pelanggan kami adalah kekuatan kami. Jika Anda tertarik, isi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
Informasi Peminjam:

Nama lengkap : .....................................
Negara: .........................................
Seks: ................................................
Umur: ................................................
Jumlah pinjaman : ...............................
Durasi pinjaman: ...............................
Tujuan pinjaman: ...............
Nomor telepon: ..............................
Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami sekarang melalui email: christabelloancompany@gmail.com

Reply

Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
telah diselesaikan, sekarang saya ) memiliki nilai yang sangat besar dan
usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
francasmithloancompany@gmail.com)

Reply

KABAR BAIK,
  SEMUA PINJAMAN GLOBAL, inilah satu-satunya perusahaan pinjaman Asli yang diakreditasi oleh BANK DUNIA, Kami akan mengubah hidup Anda menjadi lebih baik, perusahaan pinjaman, Diberikan dan Berlisensi untuk menawarkan pinjaman kepada individu, perusahaan swasta dan orang yang membutuhkan bantuan keuangan dalam tunjangan tingkat rendah sebanyak 2% dan Kami menerima pinjaman dalam bentuk apa pun.

Di sini, di SEMUA PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL, akan membuat yang terbaik dari penghormatan kami kepada semua pelamar yang sah. Anda tidak akan kecewa dengan Kami dalam transaksi bisnis ini karena perusahaan kami akan memastikan pinjaman Anda sampai kepada Anda, jika itu tidak juga berakhir di sana, kami memiliki tim ekspaktrasi yang memahami undang-undang investasi, mereka akan membantu Anda, memberi Anda tips yang akan membantu Anda mengelola investasi tempat Anda menanamkan pinjaman, sehingga Anda tidak pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda dan penawaran luar biasa ini disertai dengan pinjaman Anda dan tidak dikenakan biaya, Hubungi kami hari ini melalui email allglobalgrantloan@gmail.com

Reply

KABAR BAIK,
  SEMUA PINJAMAN GLOBAL, inilah satu-satunya perusahaan pinjaman Asli yang diakreditasi oleh BANK DUNIA, Kami akan mengubah hidup Anda menjadi lebih baik, perusahaan pinjaman, Diberikan dan Berlisensi untuk menawarkan pinjaman kepada individu, perusahaan swasta dan orang yang membutuhkan bantuan keuangan dalam tunjangan tingkat rendah sebanyak 2% dan Kami menerima pinjaman dalam bentuk apa pun.

Di sini, di SEMUA PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL, akan membuat yang terbaik dari penghormatan kami kepada semua pelamar yang sah. Anda tidak akan kecewa dengan Kami dalam transaksi bisnis ini karena perusahaan kami akan memastikan pinjaman Anda sampai kepada Anda, jika itu tidak juga berakhir di sana, kami memiliki tim ekspaktrasi yang memahami undang-undang investasi, mereka akan membantu Anda, memberi Anda tips yang akan membantu Anda mengelola investasi tempat Anda menanamkan pinjaman, sehingga Anda tidak pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda dan penawaran luar biasa ini disertai dengan pinjaman Anda dan tidak dikenakan biaya, Hubungi kami hari ini melalui email allglobalgrantloan@gmail.com

Reply

KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!!

Nama saya Liliyana. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka iseng, karena mereka kemudian akan bertanya pembayaran biaya lisensi atau biaya registrasi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah dengan perusahaan pinjaman palsu mereka.

Beberapa minggu yang lalu saya tegang secara finansial dan berkecil hati, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Mrs. Christabel Missan, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar USD100.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%,

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya kirimkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji untuk membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: christabelloancompany@gmail.com dan dengan rahmat Tuhan ia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda patuh.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: liliyanabasuki@gmail.com dan Sety diperkenalkan dan berbicara tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubunginya melalui email: permatabudiwati@gmail.com dan Anda juga dapat menghubungi Dian Pelangi yang memperkenalkan kami lianmeylad@gmail.com, yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke akun mereka setiap bulan

Sepatah kata cukup untuk orang bijak dari Indonesia dan Malaysia

Reply

PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
Whatsapp: +19147057484
rikaandersonloancompany@gmail.com

Kesaksian: Merpati Darma
kota Depok di Indonesia
BRI- Rp350.000.000 juta
merpatidarma@gmail.com

Nama saya Merpati Darma, dari kota Depok di Indonesia, saya seorang Muslim yang taat, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian sejati hidup saya dan sekali lagi mengingatkan semua orang di sini yang hanya ingin mengajukan pinjaman untuk menghubungi Ibu RIKA ANDERSON, permata langka dan ibu yang baik hati yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan ketika saya mengajukan pinjaman ke RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, karena dia meminjamkan pinjaman saya sebesar Rp350 juta dan kehidupan saya dan seluruh keluarga saya telah berubah secara finansial.

Saya sekarang memiliki bisnis sendiri di kota, melunasi hutang saya, keluarga saya bahagia dan anak-anak saya di sekolah yang baik, beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kesulitan keuangan dan karena kebutuhan mendesak saya untuk mendapatkan pinjaman, saya ditipu oleh sebuah perusahaan pinjaman.

Saya kehilangan harapan sampai hari yang setia ini saya sedang memeriksa blog pinjaman dan saya menemukan kesaksian yang murah hati dari PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON dan saya memutuskan untuk menghubungi ibu Rika Anderson melalui email untuk pinjaman dan setelah mengikuti kebijakan perusahaan, pinjaman saya disetujui dan diproses dengan baik dan dalam waktu kurang dari 2 jam saya menerima Rp350 juta di rekening bank saya.

Jadi saya mendorong sesama orang Indonesia dan Asia yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON.

Reply

Terima kasih ANTHONY YULIANA LENDERS karena memberi saya pinjaman senilai 390 juta, nama saya Zikri Adam dari malaysia, saya ingin berterima kasih kepada ALLAH atas apa yang telah ia donkan untuk saya, Anthony Yuliana Lenders sejati, saya mendapat pinjaman 390 juta dari mereka setelah saya membayar biaya muka yang merupakan asuransi pinjaman dan biaya transfer saya, terima kasih ALLAH untuk mereka yang tertarik harus menghubungi mereka
anthony.yulianalenders@gmail.com
whatsapp +1 (323) 4026088
whatsapp +971545027059
lucianoanthony004@gmail.com

Reply

Terima kasih ANTHONY YULIANA LENDERS karena memberi saya pinjaman senilai 390 juta, nama saya Zikri Adam dari malaysia, saya ingin berterima kasih kepada ALLAH atas apa yang telah ia donkan untuk saya, Anthony Yuliana Lenders sejati, saya mendapat pinjaman 390 juta dari mereka setelah saya membayar biaya muka yang merupakan asuransi pinjaman dan biaya transfer saya, terima kasih ALLAH untuk mereka yang tertarik harus menghubungi mereka
anthony.yulianalenders@gmail.com
whatsapp +1 (323) 4026088
whatsapp +971545027059
lucianoanthony004@gmail.com

Reply

Ayu Amangku
dari Indonesia
pinjaman sebesar Rp900.000.000
ayuamangku@gmail.com

Terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kepada PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp900.000.000. Nama saya Ayu Amangku, saya dari Indonesia.

Saya telah berhutang selama bertahun-tahun jadi saya mencari pinjaman tanpa riwayat kredit dan saya telah banyak membantu keuangan rumah, tetapi semuanya menolak saya karena peringkat kredit tinggi dan peringkat kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah berhenti membaca dan belajar tentang PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON di salah satu blog saya, saya menghubungi konsultan kredit Rika Rika melalui email: (rikaandersonloancompany@gmail.com) Whatsapp: +19147057484 dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal 28 Februari 2019 .

Kemudian saya menyadari bahwa Tidak semua perusahaan pinjaman blog benar-benar palsu karena semua penghinaan keuangan saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki usaha bisnis yang berkualitas, saya tidak dapat menyimpan ini untuk saya jadi saya harus mulai dengan membagikan kesaksian ini tentang perubahan hidup . Anda dapat menghubungi Ms. Rika Anderson melalui, atau melalui Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi melalui Email: ayuamangku@gmail.com

Reply

PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
Whatsapp: +19147057484
rikaandersonloancompany@gmail.com

Kesaksian: Merpati Darma
kota Depok di Indonesia
BRI- Rp350.000.000 juta
merpatidarma@gmail.com

Nama saya Merpati Darma, dari kota Depok di Indonesia, saya seorang Muslim yang taat, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian sejati hidup saya dan sekali lagi mengingatkan semua orang di sini yang hanya ingin mengajukan pinjaman untuk menghubungi Ibu RIKA ANDERSON, permata langka dan ibu yang baik hati yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan ketika saya mengajukan pinjaman ke RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, karena dia meminjamkan pinjaman saya sebesar Rp350 juta dan kehidupan saya dan seluruh keluarga saya telah berubah secara finansial.

Saya sekarang memiliki bisnis sendiri di kota, melunasi hutang saya, keluarga saya bahagia dan anak-anak saya di sekolah yang baik, beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kesulitan keuangan dan karena kebutuhan mendesak saya untuk mendapatkan pinjaman, saya ditipu oleh sebuah perusahaan pinjaman.

Saya kehilangan harapan sampai hari yang setia ini saya sedang memeriksa blog pinjaman dan saya menemukan kesaksian yang murah hati dari PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON dan saya memutuskan untuk menghubungi ibu Rika Anderson melalui email untuk pinjaman dan setelah mengikuti kebijakan perusahaan, pinjaman saya disetujui dan diproses dengan baik dan dalam waktu kurang dari 2 jam saya menerima Rp350 juta di rekening bank saya.

Jadi saya mendorong sesama orang Indonesia dan Asia yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON.

Reply

Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

Detail Kontak Penuh:

Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

TESTIMONI OLEH
Penerima Manfaat: Angga Annisa
Email: {anggaannisa1979@gmail.com}
Twitter: [@AnggaAnnisa1]

Reply

KABAR BAIK!!!

Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan berjanji ini dan itu, orang-orang menganggur, saya sarankan Anda semua harus sangat berhati-hati

beberapa bulan yang lalu, saya tegang secara finansial dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan bisnis saya kembali, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat bisa diandalkan bernama Christabel's Missan ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan 800 juta dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan bunga hanya 2%

Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakanmu mendapatkan pinjaman jika kamu memegang perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
dan teman saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya dan memberi tahu saya tentang Ny. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ny. Christabel, Anda juga dapat menghubunginya melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke akun ibu Christabel. Anda masih dapat menghubungi ibu yang baik, What'sApp Number +15614916019

mohon bijaksana dan semoga Allah membimbing kita semua

Reply

Halo, nama saya Aisha Nayla, mangsa penipuan di tangan pemberi pinjaman palsu. Saya kehilangan sekitar Rp300.000.000 karena saya membutuhkan modal besar Rp300.000.000.000. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. perdagangan saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan anak dan ibu saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini. Minggu lalu saya bertemu dengan seorang teman lama yang memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Ms. Christian Missan, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di sebuah perusahaan. Ibu yang baik, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati ibu yang baik Christabel Missan dan teman saya. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberikan saran kepada sesama orang Indonesia, bahwa ada banyak penipu di sana, jadi jika Anda memerlukan pinjaman keamanan dan keamanan, dan ingin mendapatkan pinjaman dengan cepat, hubungi Christabel Missan melalui email christabelloancompany@gmail.com

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini: (aishanaylad@gmail.com). Dan juga Anda masih dapat menghubungi teman saya yang memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman ibu yang baik, Lady Liliyana, email: liliyanabasuki@gmail.com jika Anda ragu. bantu dia satu-satunya orang yang bisa dipercaya dan bisa dipercaya.

Reply

Kesaksian: Margaretha Asmara
dari Ambon di Indonesia
Pinjaman A mount: $ 40.000
AKUN BCA
margarethaasmaran@gmail.com
+6282340185186

Nama saya ny. Margaretha Asmara, dari Ambon di Indonesia, saya seorang Muslim yang taat, saya ingin menggunakan media untuk mengingatkan semua orang agar mencari pinjaman agar berhati-hati dengan penipu karena mereka ada di mana-mana.

Bulan lalu, saya menderita kerugian finansial, dan karena kebutuhan saya akan modal ventura, keputusasaan, dan kemiskinan, saya diperdaya oleh rentenir online palsu. Saya tidak menyerah dan teman saya Zulaikha Yugesh melalui email zulaikhayugesh@gmail.com dan Elok Cahyono dengan email elokycahyono@gmail.com yang memberi tahu saya bagaimana mereka melihat kesaksian online tentang PERUSAHAAN RIKA ANDERSON LOAN COMPANY asli dan merujuk saya ke kreditor bernama Mrs. RIKA ANDERSON LOAN COMPANY yang meminjamkan saya pinjaman $ 40.000 dalam waktu 2 jam setelah perusahaan pinjaman meminta data dan foto ktp saya dan tanpa penundaan.

Setelah 2 jam saya mengkonfirmasi dari rekening bank BCA saya dan petugas mengkonfirmasi pinjaman saya di dalam. 2 jam setelah saya mendaftar.
Saya mendorong sesama warga yang membutuhkan pinjaman untuk mendaftar dan menghubungi Ms. Rika Anderson melalui email:

PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
email: rikaandersonloancompany@gmail.com
Whatsapp: +19147057484

Reply

kesaksian nyata dan kabar baik !!!

Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

Reply

Kabar baik
Allah yang Maha Kuasa telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya untuk menggunakan perusahaan pinjaman ibu Emily untuk mengubah situasi keuangan hidup saya untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih stabil sehingga sekarang saya memiliki bisnis sendiri di kota
Nama saya Nur Khomariyah dari kota Sidoarjo, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu. Emily karena membantu saya dengan pinjaman yang baik setelah saya menderita di tangan pemberi pinjaman palsu yang menipu saya karena uang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya memerlukan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Sidoarjo tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena saya berutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dituju, sampai suatu hari teman setia saya menelepon Slamet Raharjo setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu perusahaan pinjaman Emily, jadi saya harus menghubungi Slamet Raharjo dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu emily bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus memanggil keberanian dan saya menghubungi ibu emily perusahaan dan secara mengejutkan, pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang ibu pekerjaan yang baik Emily
jadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Emily melalui email: emilygregloancompany@gmail.com. atau whatsapp +1 (669) 4002627 dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mother Emily melalui saya email: nurkhomariyah1989@gmail.com
dan Anda masih dapat menghubungi teman saya Nur Syarah yang memperkenalkan saya kepada Ms. Margaret melalui email: slametraharjo211989@gmail.com
semoga Tuhan terus memberkati dan mendukung ibu Emily yang telah mengubah kehidupan finansial saya.

Reply

Kesaksian: Margaretha Asmara
dari Ambon di Indonesia
Pinjaman A mount: $ 40.000
AKUN BCA
margarethaasmaran@gmail.com
+ 6282340185186

Nama saya ny. Margaretha Asmara, dari Ambon di Indonesia, saya seorang Muslim yang taat, saya ingin menggunakan media untuk mengingatkan semua orang agar mencari pinjaman agar berhati-hati dengan penipu karena mereka ada di mana-mana.

Bulan lalu, saya menderita kerugian finansial, dan karena kebutuhan saya akan modal ventura, keputusasaan, dan kemiskinan, saya diperdaya oleh rentenir online palsu. Saya tidak menyerah dan teman saya Zulaikha Yugesh melalui email zulaikhayugesh@gmail.com dan Elok Cahyono dengan email elokycahyono@gmail.com yang memberi tahu saya bagaimana mereka melihat kesaksian online tentang PERUSAHAAN RIKA ANDERSON LOAN COMPANY asli dan merujuk saya ke kreditor bernama Mrs. RIKA ANDERSON LOAN COMPANY yang meminjamkan saya pinjaman $ 40.000 dalam waktu 2 jam setelah perusahaan pinjaman meminta data dan foto ktp saya dan tanpa penundaan.

Setelah 2 jam saya mengkonfirmasi dari rekening bank BCA saya dan petugas mengkonfirmasi pinjaman saya di dalam. 2 jam setelah saya mendaftar.
Saya mendorong sesama warga yang membutuhkan pinjaman untuk mendaftar dan menghubungi Ms. Rika Anderson melalui email:

PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
email: rikaandersonloancompany@gmail.com
Whatsapp: +19147057484

Reply

PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
Whatsapp: +19147057484
rikaandersonloancompany@gmail.com

Kesaksian: Merpati Darma
kota Depok di Indonesia
BRI- Rp350.000.000 juta
merpatidarma@gmail.com

Nama saya Merpati Darma, dari kota Depok di Indonesia, saya seorang Muslim yang taat, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian sejati hidup saya dan sekali lagi mengingatkan semua orang di sini yang hanya ingin mengajukan pinjaman untuk menghubungi Ibu RIKA ANDERSON, permata langka dan ibu yang baik hati yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan ketika saya mengajukan pinjaman ke RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, karena dia meminjamkan pinjaman saya sebesar Rp350 juta dan kehidupan saya dan seluruh keluarga saya telah berubah secara finansial.

Saya sekarang memiliki bisnis sendiri di kota, melunasi hutang saya, keluarga saya bahagia dan anak-anak saya di sekolah yang baik, beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kesulitan keuangan dan karena kebutuhan mendesak saya untuk mendapatkan pinjaman, saya ditipu oleh sebuah perusahaan pinjaman.

Saya kehilangan harapan sampai hari yang setia ini saya sedang memeriksa blog pinjaman dan saya menemukan kesaksian yang murah hati dari ibu Sharifah Isfahann melalui email sharifahisfahann54@gmail.com PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON dan saya memutuskan untuk menghubungi ibu Rika Anderson melalui email untuk pinjaman dan setelah mengikuti kebijakan perusahaan, pinjaman saya disetujui dan diproses dengan baik dan dalam waktu kurang dari 2 jam saya menerima Rp350 juta di rekening bank saya.

Jadi saya mendorong sesama orang Indonesia dan Asia yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON.

Reply

Halo semuanya, nama saya Sarah Adia dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada ALLAH yang telah mewujudkan impian saya, saya telah mencari pinjaman selama 2 tahun terakhir sekarang sampai teman saya yang namanya LILOW BELUM memperkenalkan saya kepada Anthony Yuliana Lenders pemberi pinjaman yang andal, di mana saya akhirnya mendapat pinjaman sebesar Rp350 juta, saya hanya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman saya dan biaya transfer sebelum Anthony Yuliana Lenders mentransfer pinjaman sebesar Rp350 juta ke dalam akun saya, saya akan suka untuk menggunakan kesempatan ini untuk menasihati mereka yang mencari pinjaman untuk berhati-hati karena 70% dari pemberi pinjaman palsu hanya sedikit yang nyata. jika Anda tertarik pada pinjaman, saya ingin memberi nasihat bahwa Anda harus menghubungi pemberi pinjaman yang andal melalui email (anthony.yulianalenders@gmail.com) atau melalui
BBM INVITE (E37F9BCC) atau via
  whatsapp +1 (323) 4026088, email saya untuk informasi lebih lanjut
(sarahadia234@gmail.com)

Reply

Halo semuanya
Ini adalah PINJAMAN SANDRA WALKER kami memberikan kredit / pinjaman kepada semua klien kami yang terhormat yang telah kehilangan harapan untuk mencapai kemandirian finansial bahkan dengan nilai kredit nol. Anda dapat menjadi dermawan yang baik ketika Anda melalui layanan keuangan yang akan kami berikan kepada Anda. Lupakan kedatangan keuangan singkat yang Anda hadapi dengan fokus kami pada kami dan kami menjamin Anda bahwa tidak ada yang bisa menandingi kehidupan kredit Anda ketika pinjaman Anda telah dicairkan dalam waktu sesingkat mungkin karena semua proses kami sangat fleksibel dan ramah. Silakan hubungi kami segera melalui.
email kami: [sandrawalkerloan1@gmail.com]

Reply

KABAR BAIK
Pertama saya ingin mengatakan jika Anda takut akan berhasil, Anda tidak akan berhasil bahkan jika kesempatan datang murah dan gratis, itu semua dimulai pada malam yang dingin sementara di tempat tidur saya pergi melalui internet hanya untuk lelah sehingga saya bisa tidur setelah lama hari di bank mencoba untuk mengamankan pinjaman dengan rumah saya dari bank HSBC di pekanbaru bagi mereka yang mungkin tahu bank ini, saya mencoba dan setelah dokumentasi saya diberitahu untuk kembali dalam waktu 30 hari yang bagi saya seperti selamanya jadi sementara pada saya ranjang memikirkan tindakan saya berikutnya, saya menemukan cerita tertentu tentang cara mendapatkan pinjaman dan pada tingkat yang sangat rendah 2% dengan nama-nama perusahaan sebagai perusahaan pinjaman Rossa Stanley saya bertanya-tanya apakah itu nyata sehingga saya menyelidiki lebih jauh dan datang di seorang wanita bernama Nadia Sisworo bersaksi bagaimana dia mendapatkan pinjaman dengan rincian banknya semua ditampilkan jadi saya mengirim email dan kami berbicara, kami mengobrol dan dia meminta saya untuk menghubungi perusahaan ibu rossa bahwa jika rumah saya nyata dan identitas saya mungkin beruntung mendapatkan pinjaman jadi saya mengirim email ke ibu Rossastanleyloancompany@gmail.com tentang kondisi saya dan formulir pinjaman diberikan, saya mengisi dan mengajukan permohonan pinjaman sebesar Rp350.000,00, dan sisanya untuk Kemuliaan Allah, saya mendapat pinjaman dari perusahaan induk rossa, jadi orang yang saya sayangi jika Anda memiliki beban keuangan yang tulus atau ingin mengembangkan bisnis Anda jangan ragu untuk bertemu ibu rossa untuk bantuan saya yakin Rp350.000.000,00 sudah cukup untuk meninggalkan kemiskinan dan bahagia selamanya seperti saya jika Anda masih ragu-ragu biaya untuk menelepon atau WhatsApp saya di +6282385590743 atau menulis saya di hadiemi64@gmail.com dan saya akan membuktikan kepada Anda ibu nyata

Reply

Saya memiliki skor kredit yang sangat rendah sehingga upaya saya untuk meminjam dari Bank ditolak. Saya bangkrut sampai-sampai saya tidak mampu makan tiga kali sehari dan juga saya benar-benar bangkrut karena nama saya identik dengan kemiskinan. saya berhutang baik dari teman-teman saya dan juga dari rentenir hidup saya di bawah ancaman saya harus melarikan diri dari rumah dan saya membawa anak-anak saya untuk bertemu ibu mertua saya karena sifat ancaman yang saya terima dari orang-orang yang meminjamkan saya uang Jadi saya harus mencari cara cepat dan mendesak untuk membayar kembali uang itu dan juga memulai bisnis baru usaha pertama saya sangat mengerikan karena saya ditipu sebesar Rp5.390.020.00 saya harus pindah juga dua minggu kemudian saya kehilangan Rp350.000,00 untuk pemberi pinjaman yang curang jadi saya turun secara finansial dan emosional karena ini adalah yang paling tidak saya harapkan sehingga seorang teman saya memberi tahu saya untuk menghubungi email ini: :( iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) bahwa saya harus meminta jumlah berapa pun berharap agar Bunda Iskandar selalu menjadi kembali untuk memberikan bantuan keuangan kepada siapa pun yang membutuhkan sehingga saya meminta untuk jumlah Rp850.000.000,00 dalam waktu 24 jam cerita saya berubah untuk selamanya saya membayar semua hutang saya dan saya juga memiliki cukup uang untuk membiayai sendiri bisnis semua terima kasih kepada teman saya yang memperkenalkan saya kepada ibu khususnya dan juga kepada Ibu Iskandar secara umum untuk mengubah rasa malu saya menjadi terkenal
Atas perkenan: ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

Reply

Nama saya Rahma Henny dari Ajman di Dubai UAE, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya ditipu $ 3.000 karena saya membutuhkan pinjaman $ 90.000 untuk modal usaha dan hutang. Saya frustrasi saya tidak punya tempat untuk pergi, dan bisnis saya hancur dalam proses.

Itu semua terjadi pada bulan Maret 2019, sampai saya bertemu orang-orang daring yang bersaksi tentang pemberi pinjaman nyata Mrs. GRACE ALEXANDER jadi saya mengajukan pertanyaan dan dia memperkenalkan saya kepada seorang ibu GRACE yang baik yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman tanpa jaminan $ 90.000 dengan suku bunga rendah. di perusahaan pinjaman GRACE ALEXANDER.

Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Ny. Grace, semoga Tuhan terus memberkati Anda, Ibu Grace atas kejujuran dan perbuatan baik Anda.

Jika Anda membutuhkan pinjaman atau pinjaman tanpa jaminan, segera hubungi ibu Grace dengan mengirim email ke (gracealexanderloancompany@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui rahmahenny45@gmail.com

Reply

BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN PINJAMAN SAYA
Saya Abdullah Nofia yang tinggal di Papua, saya di sini untuk memberi kesaksian seorang Lender Pinjaman yang baik yang menunjukkan cahaya kepada saya setelah ditipu 3 kali berbeda di Internet oleh beberapa pemberi pinjaman yang tidak lain adalah palsu,
Mereka semua berjanji untuk memberi saya pinjaman setelah membuat saya membayar banyak kepada mereka sebagai biaya yang tidak menghasilkan apa-apa dan sebesar tidak ada hasil positif. saya kehilangan uang hasil kerja keras saya dan itu sangat membuat frustrasi.

Suatu hari ketika menelusuri internet saya menemukan kesaksian seorang wanita yang juga ditipu dan akhirnya dikaitkan dengan perusahaan pinjaman yang sah, ONE BILLION RISING FUND  dan di mana dia akhirnya mendapatkan pinjamannya, saya memutuskan untuk menghubungi dia dan menjelaskan tekanan keuangan saya. kepadanya dan jika dia bisa membantu saya untuk berbicara dengan perusahaan,

 Saya kemudian menceritakan kepada mereka kisah saya tentang bagaimana saya ditipu oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda yang tidak melakukan apa pun selain merampok uang saya. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui surat dan semua yang mereka katakan kepada saya adalah untuk tidak menangis lagi karena saya akan mendapatkan pinjaman saya di perusahaan mereka dan saya juga telah membuat pilihan yang tepat dengan menghubungi mereka. Saya mengisi formulir permohonan pinjaman dan melanjutkan dengan semua yang diperlukan dari saya dan saya terkejut, saya diberi pinjaman sebesar Rp 200 juta oleh perusahaan besar ini, ONE BILLION RISING FUND, semua berkat JAMES (direktur transfer), seorang yang takut akan Tuhan. pria dan mentor dan di sini saya hari ini bahagia karena perusahaan ini telah memberi saya pinjaman jadi saya bersumpah pada diri sendiri bahwa saya akan terus bersaksi tentang pekerjaan baik mereka dalam hidup saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya.
 Jika Anda mencari cara mendapatkan pinjaman, silakan hubungi

NAMA ::ONE BILLION RISING FUNDGmail ::: onebillionrisingfund@gmail.com

                                          HUBUNGI SAYA

Namaku ::::::::: Abdullah Nofia
Gmail::::::::::::::abdullahnofia@gmail.com
Instagram::::::::Abdullah_Nofia
Facebook:::::::::Abdullah Nofia

Bijaksanalah saat Anda mencari pinjaman online

semoga harimu menyenangkan

Reply

Nama saya Rahma Henny dari Ajman di Dubai UAE, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya ditipu $ 3.000 karena saya membutuhkan pinjaman $ 90.000 untuk modal usaha dan hutang. Saya frustrasi saya tidak punya tempat untuk pergi, dan bisnis saya hancur dalam proses.

Itu semua terjadi pada bulan Maret 2019, sampai saya bertemu orang-orang daring yang bersaksi tentang pemberi pinjaman nyata Mrs. GRACE ALEXANDER jadi saya mengajukan pertanyaan dan dia memperkenalkan saya kepada seorang ibu GRACE yang baik yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman tanpa jaminan $ 90.000 dengan suku bunga rendah. di perusahaan pinjaman GRACE ALEXANDER.

Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Ny. Grace, semoga Tuhan terus memberkati Anda, Ibu Grace atas kejujuran dan perbuatan baik Anda.

Jika Anda membutuhkan pinjaman atau pinjaman tanpa jaminan, segera hubungi ibu Grace dengan mengirim email ke (gracealexanderloancompany@gmail.com)
CEO Tel.: +1(407)792-5682
WhatsApp: +1(407)792-5682
Anda juga dapat menghubungi saya melalui rahmahenny45@gmail.com

Reply

Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
telah diselesaikan, sekarang saya )  memiliki nilai yang sangat besar danusaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
francasmithloancompany@gmail.com)

Reply

Halo,
nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat dapat diandalkan yaitu Bunda Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya dari 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan tekanan suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Bunda Alicia Radu

Saya ingin Anda mempercayai Bunda Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

Reply

Hari baik untuk semua warga negara Indonesia dan juga semua ASIA, nama saya Ny. Nurliana Novi, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh Asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah mendukung saya melalui ibu, Nyonya Elina yang baik

Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus-menerus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda.

Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Elina, yang adalah pemilik perusahaan pemberi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari Ny. Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ny. Elina.

Saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua pengaturan dibuat pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

Mereka juga memiliki tim ahli di sana yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah mengalami kebangkrutan lagi dalam hidup Anda.

Semoga ALLAH memberkati Bunda Elina karena membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman, silakan hubungi Mrs. Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda
Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran di sana kepada ibu ,, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini, oke

Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut via email saya: nurliananovi96@gmail.com

Reply

Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,

Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

Saya mengajukan sejumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diminta untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)
Terima kasih semua.

Reply

Halo semuanya
saya Ahmed Sabindut dan saya membawa kepada Anda informasi yang sangat vital tentang pinjaman dan saya ingin memberi tahu Anda bahwa Anda harus bijaksana tentang bagaimana Anda memberi pinjaman di internet karena banyak dari pemberi pinjaman online yang penipu mereka tidak nyata dan saya telah menjadi korban banyak pemberi pinjaman palsu online.
Seperti yang mereka katakan, "Nothing Gose for Nothing", jadi saya harus membayar untuk mendapatkan pinjaman dari mereka dan setelah banyak janji manis, itulah cara mereka merobek uang hasil jerih payah saya. Semua harapan hilang saya tidak bisa memberi tahu istri saya apa yang bahagia dan saya sekarat dalam diam tidak ada uang untuk membeli susu untuk anak saya dan biaya kuliah saya juga harus membayar dan uang bisnis saya telah digunakan untuk membayar perusahaan pinjaman. Suatu hari saya setia ada di internet ketika saya melihat iklan dari sebuah perusahaan pinjaman bernama GLOBAL FUND FOUNDATION mengatakan bahwa mereka memperlakukan semua orang sama-sama terlepas dari nilai kredit mereka dan mereka terdengar sangat percaya diri pada iklan tersebut
Saya mengambil gmailaddress FUND FOUNDATION FUND dan saya menghubungi perusahaan, mereka menyambut saya dan meminta informasi saya yang saya sampaikan kepada mereka dan pergi melalui proses pinjaman mereka dan setelah ketika seorang pengacara bertemu saya dan memberi saya lebih banyak informasi tentang aplikasi pinjaman saya dan perusahaannya keyakinan jika saya gagal membayar kembali jadi saya meyakinkan pengacara bahwa saya akan membayar kembali setelah set dan selesai mereka memberi saya dokumen pinjaman untuk dicetak pada saat itulah saya tahu saya dengan pemberi pinjaman yang tepat sehingga saya mencetak dokumen yang ditandatangani dan mengirim pindaian salinan dokumen kepada mereka pergi melalui tahap akhir pinjaman saya sehingga perusahaan meyakinkan saya bahwa saya akan mendapatkan pinjaman saya pada hari berikutnya karena waktu hilang untuk melakukan transfer kepada saya dan mereka meyakinkan sehingga saya berharap dan berdoa dan untuk saya Surpise pinjaman saya sebesar 350 juta dikreditkan ke akun saya, saya tidak percaya jadi saya berlari ke bank dan menemukan bahwa uang itu masuk
JADI INI ADALAH PEMBUKA MATA UNTUK SEMUA KAMU DI LUAR NEGERI UNTUK MENDAPAT PINJAMAN, JANGAN MEMBERI DAN ANDA JUGA BISA MENDAFTAR
YAYASAN PENDANAAN GLOBAL $$$$ globalfundfoundation9@gmail.com $$$$$

Reply

Halo,
Nama saya ROBBI dari Cirebon Jawa Barat Indonesia, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu Alicia Radu karena membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya banyak menderita di tangan para pemberi pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa menawarkan saya pinjaman, saya Saya memerlukan pinjaman selama 3 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Cirebon tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di Turki yang telah menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman. dan saya sangat Frustrasted karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di Turki, karena saya berutang kepada bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya seorangpun untuk menjalankan, sampai suatu hari setia bahwa seorang teman saya bernama Siti Aminah setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Bunda Alicia Radu, jadi saya harus menghubungi Siti Aminah dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Bunda Alicia Radu bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus mengumpulkan keberanian dan saya menghubungi Bunda Alicia Radu dan saya terkejut dengan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 3 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang pekerjaan baik Bunda Alicia Radu
jadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi email Ibu Alicia Radu: (aliciaradu260@gmail.com) dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Bunda Alicia Radu email saya : (robbi5868@gmail.com) dan Anda masih dapat menghubungi Siti Aminah yang memperkenalkan saya kepada ibu Alicia Radu melalui email: (sitiaminah6749@gmail.com)
semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai ibu Alicia Radu untuk mengubah kehidupan finansial saya

Reply

KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK!!!

Halo semua, nama saya Mrs. Arya Theresia, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari MRS CHRISTY MORRIS LOAN FIRM karena begitu banyak pemberi pinjaman kredit palsu di sini di internet dan juga untuk memberi tahu Anda bahwa saya adalah korban penipu internet berkali-kali, jadi saya tidak kehilangan harapan sampai saya dirujuk oleh seorang teman ke pemberi pinjaman terpercaya bernama MRS. CHRISTY MORRIS yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp850.000,0000 dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan, saya sarankan CHRISTY MORRIS LOAN FIRM adalah yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka maju, Amin

Jika Anda memerlukan bantuan tentang cara mendapatkan pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (aryatheresia750@gmail.com)

Anda dapat menghubungi perusahaan secara langsung dengan pinjaman mereka
Email: (christymorrisloanfirm@gmail.com)
Terima kasih
Arya Theresia

Reply

Halo,
saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang Bagaimana ALLAH menggunakan Nyonya Olivia Daniel untuk mengubah hidup saya dari kemiskinan. sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan.

Nama saya Suherman. Saya dari Kota Surabaya di Indonesia setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah scammed dari 15 juta rupiah Indonesia. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang merupakan kredit yang sah. dan tidak akan menambah rasa sakit saya, Jadi saya memutuskan untuk menoleh ke teman saya untuk menasihati saya tentang cara mendapatkan pinjaman online, Kami membicarakannya dan kesimpulan kami menceritakan tentang seorang wanita bernama Ny. Olivia Daniel. Saya mengajukan permohonan pinjaman sejumlah 700 juta rupiah Indonesia dengan suku bunga rendah 2%, saya setuju tanpa tekanan dan persiapan dilakukan untuk mentransfer dana ke pinjaman saya ke rekening bank saya dalam waktu kurang dari 24 jam dan pinjaman itu disetor ke rekening saya. rekening bank tanpa penundaan.
Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima satu mart dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 700 juta rupiah Indonesia. Saya sangat senang bahwa akhirnya ALLAH menjawab doa saya dengan menggunakan ibu untuk membantu saya mendapatkan pinjaman yang dapat memberi saya harapan. Terima kasih banyak kepada Ny, Olivia Daniel karena telah membuat kehidupan yang adil bagi saya,

jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman yang saya maksudkan adalah pemberi pinjaman nyata untuk menghubungi email ibu: (oliviadaniel93@gmail.com)

Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (suherman3860@gmail.com)
sekali lagi terima kasih semua telah membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

Reply

Halo semuanya

Asep Novtia::Gmail: asepnovita2@gmail.com

Dengan fakta bahwa ONE BILLION RISING FUND adalah pemberi pinjaman yang sejati dan saya adalah saksi hidup dari perusahaan ini.  Saya Novita Asep, dan baru minggu lalu saya membaca tentang ONE BILLION RISING FUND sebagai satu (Nyonya Efendi Ratu Lisa) memberi kesaksian tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari perusahaan, jadi saya mengambil bunga karena saya memerlukan uang untuk memperbesar bisnis saya, seperti yang telah saya dengar Sebagian besar teman saya berbicara tentang bagaimana mereka di mana menabung untuk membayar sejumlah uang untuk mendapatkan pinjaman

Ini adalah waktu saya untuk mengajukan pinjaman secara online dan perusahaan tersebut benar-benar menunjukkan bahwa saya senang karena saya diberi pinjaman kepada perusahaan dan perusahan mo dari perusahaan ini adalah bahwa pemberian pinjaman mereka mudah dan cepat.Saya menyarankan setiap pencari pinjaman untuk mengajukan permohonan ke perusahaan ini dan stres fianacial Anda akan berakhir karena perusahaan itu asli

Hubungi perusahaan: onebillionrisingfund@gmail.com

Hanya Berbagi cerita saya dengan Anda

Reply

BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN PINJAMAN SAYA
Saya Abdullah Nofia yang tinggal di Papua, saya di sini untuk memberi kesaksian seorang Lender Pinjaman yang baik yang menunjukkan cahaya kepada saya setelah ditipu 3 kali berbeda di Internet oleh beberapa pemberi pinjaman yang tidak lain adalah palsu,
Mereka semua berjanji untuk memberi saya pinjaman setelah membuat saya membayar banyak kepada mereka sebagai biaya yang tidak menghasilkan apa-apa dan sebesar tidak ada hasil positif. saya kehilangan uang hasil kerja keras saya dan itu sangat membuat frustrasi.

Suatu hari ketika menelusuri internet saya menemukan kesaksian seorang wanita yang juga ditipu dan akhirnya dikaitkan dengan perusahaan pinjaman yang sah, ONE BILLION RISING FUND  dan di mana dia akhirnya mendapatkan pinjamannya, saya memutuskan untuk menghubungi dia dan menjelaskan tekanan keuangan saya. kepadanya dan jika dia bisa membantu saya untuk berbicara dengan perusahaan,

 Saya kemudian menceritakan kepada mereka kisah saya tentang bagaimana saya ditipu oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda yang tidak melakukan apa pun selain merampok uang saya. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui surat dan semua yang mereka katakan kepada saya adalah untuk tidak menangis lagi karena saya akan mendapatkan pinjaman saya di perusahaan mereka dan saya juga telah membuat pilihan yang tepat dengan menghubungi mereka. Saya mengisi formulir permohonan pinjaman dan melanjutkan dengan semua yang diperlukan dari saya dan saya terkejut, saya diberi pinjaman sebesar Rp 200 juta oleh perusahaan besar ini, ONE BILLION RISING FUND, semua berkat JAMES (direktur transfer), seorang yang takut akan Tuhan. pria dan mentor dan di sini saya hari ini bahagia karena perusahaan ini telah memberi saya pinjaman jadi saya bersumpah pada diri sendiri bahwa saya akan terus bersaksi tentang pekerjaan baik mereka dalam hidup saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya.
 Jika Anda mencari cara mendapatkan pinjaman, silakan hubungi

NAMA ::ONE BILLION RISING FUNDGmail ::: onebillionrisingfund@gmail.com

                                          HUBUNGI SAYA

Namaku ::::::::: Abdullah Nofia
Gmail::::::::::::::abdullahnofia@gmail.com
Instagram::::::::Abdullah_Nofia
Facebook:::::::::Abdullah Nofia

Bijaksanalah saat Anda mencari pinjaman online

semoga harimu menyenangkan

Reply

Nama saya Susi dari Indonesia, saya sudah lama mencari pinjaman asli dan yang saya dapatkan hanyalah penipuan yang membuat saya mempercayai mereka dan pada akhirnya, mereka mengambil uang saya tanpa memberi saya pinjaman, semua harapan saya adalah hilang, saya menjadi bingung dan frustrasi, maka saya merasa sangat sulit untuk memberi makan keluarga saya, saya tidak pernah ingin ada hubungannya dengan pinjaman online lagi, jadi saya pergi untuk meminjam uang dari seorang teman, saya mengatakan kepadanya semua yang terjadi dan dia bilang dia bisa membantu saya, bahwa dia tahu pemberi pinjaman yang jujur ​​bernama Ny. Alicia Radu bahwa dia bisa membantu saya, bahwa dia baru saja mendapat pinjaman dari Ny. Alicia Radu, dia mengarahkan saya tentang cara melamar, saya lakukan seperti yang dia katakan, saya diterapkan, saya tidak pernah percaya tetapi saya mencoba dan yang paling mengejutkan saya mendapat pinjaman 300 juta rupiah, saya tidak percaya saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan. Saya sangat senang dan saya berterima kasih kepada ALLAH, karena saya tidak percaya pemberi pinjaman jujur ​​seperti ini masih ada

Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi email ibu Alicia Radu: (aliciaradu260@gmail.com) dan dengan rahmat ALLAH Dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman.

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (susi85746@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu

Reply

Nama Perusahaan ::::: ONE BILLION RISING FUNDGmail ::: onebillionrisingfund@gmail.com

Salam dari Perancis

Saya ingin menciptakan kesadaran bagi orang-orang saya di Indonesia tentang Perusahaan Pinjaman bahwa saya mendapat pinjaman dari untuk mengurus tagihan medis orang tua saya dan saya dapat membuka bisnis keluarga untuk mereka

ONE BILLION RISING FUND adalah perusahaan pinjaman yang datang untuk membantu saya selama krisis keuangan saya dan saya bisa mendapatkan pinjaman Euro15,000.00

Jadi saya pergi untuk memberi tahu sesama orang Indonesia bahwa jika mereka membutuhkan pinjaman asli dari perusahaan tepercaya, mereka harus menghubungi ONE BILLION RISING FUND karena mereka telah menyelesaikan keraguan saya dan sekarang saya tahu bahwa tidak semua pemberi pinjaman online baik tetapi perusahaan buruk. tidak akan membiarkan kita melihat pemberi pinjaman yang baikSaya telah mendengar dan bertemu banyak pemberi pinjaman palsu ketika saya berada di Indonesia dan mereka semua membuat hidup saya di Indonesia tidak layak karena rahmat Tuhan saya memiliki kesempatan untuk melakukan perjalanan ke Prancis dan sudah 5 tahun sejak saya di sini di Perancis di mana saya bertemu dengan satu-ke-satu agen ONE BILLION RISING FUND dan dia memperkenalkan memberi saya perusahaan gmail bahwa saya harus menghubungi perusahaan dan dia juga membantu saya mendapatkan pinjaman

Maksud saya adalah bahwa masih ada pemberi pinjaman online nyata tetapi jika Anda masih tidak yakin bagaimana cara mendapatkan pinjaman, saya akan mendorong Anda untuk menghubungi perusahaan ini dengan Gmail di atas dan saya memastikan bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman dengan lancar dan mudah.

Bersenang-senang selalu dengan ONE BILLION RISING FUND online

Gmail sayaAndy Muhammad Dwiandymuhammad.dwi@gmail.com

Tambahkan ne di Google Hangout

Tetap Perpesona

Reply

BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN PINJAMAN SAYA
Saya Abdullah Nofia yang tinggal di Papua, saya di sini untuk memberi kesaksian seorang Lender Pinjaman yang baik yang menunjukkan cahaya kepada saya setelah ditipu 3 kali berbeda di Internet oleh beberapa pemberi pinjaman yang tidak lain adalah palsu,
Mereka semua berjanji untuk memberi saya pinjaman setelah membuat saya membayar banyak kepada mereka sebagai biaya yang tidak menghasilkan apa-apa dan sebesar tidak ada hasil positif. saya kehilangan uang hasil kerja keras saya dan itu sangat membuat frustrasi.

Suatu hari ketika menelusuri internet saya menemukan kesaksian seorang wanita yang juga ditipu dan akhirnya dikaitkan dengan perusahaan pinjaman yang sah, ONE BILLION RISING FUND  dan di mana dia akhirnya mendapatkan pinjamannya, saya memutuskan untuk menghubungi dia dan menjelaskan tekanan keuangan saya. kepadanya dan jika dia bisa membantu saya untuk berbicara dengan perusahaan,

 Saya kemudian menceritakan kepada mereka kisah saya tentang bagaimana saya ditipu oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda yang tidak melakukan apa pun selain merampok uang saya. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui surat dan semua yang mereka katakan kepada saya adalah untuk tidak menangis lagi karena saya akan mendapatkan pinjaman saya di perusahaan mereka dan saya juga telah membuat pilihan yang tepat dengan menghubungi mereka. Saya mengisi formulir permohonan pinjaman dan melanjutkan dengan semua yang diperlukan dari saya dan saya terkejut, saya diberi pinjaman sebesar Rp 200 juta oleh perusahaan besar ini, ONE BILLION RISING FUND, semua berkat JAMES (direktur transfer), seorang yang takut akan Tuhan. pria dan mentor dan di sini saya hari ini bahagia karena perusahaan ini telah memberi saya pinjaman jadi saya bersumpah pada diri sendiri bahwa saya akan terus bersaksi tentang pekerjaan baik mereka dalam hidup saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya.
 Jika Anda mencari cara mendapatkan pinjaman, silakan hubungi

NAMA ::ONE BILLION RISING FUNDGmail ::: onebillionrisingfund@gmail.com

                                          HUBUNGI SAYA

Namaku ::::::::: Abdullah Nofia
Gmail::::::::::::::abdullahnofia@gmail.com
Instagram::::::::Abdullah_Nofia
Facebook:::::::::Abdullah Nofia

Bijaksanalah saat Anda mencari pinjaman online

semoga harimu menyenangkan

Reply

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

Reply

Halo,
Nama saya ROBBI dari Cirebon Jawa Barat Indonesia, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu Alicia Radu karena membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya banyak menderita di tangan para pemberi pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa menawarkan saya pinjaman, saya Saya memerlukan pinjaman selama 3 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Cirebon tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di Turki yang telah menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman. dan saya sangat Frustrasted karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di Turki, karena saya berutang kepada bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya seorangpun untuk menjalankan, sampai suatu hari setia bahwa seorang teman saya memanggil Siti Aminah setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Bunda Alicia Radu, jadi saya harus menghubungi Siti Aminah dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Bunda Alicia Radu bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus mengumpulkan keberanian dan saya menghubungi Bunda Alicia Radu dan saya terkejut dengan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 3 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah mukjizat dan saya harus bersaksi tentang pekerjaan baik Bunda Alicia Radu
jadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi email Ibu Alicia Radu: (aliciaradu260@gmail.com) dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Bunda Alicia Radu email saya : (robbi5868@gmail.com) dan Anda masih dapat menghubungi Siti Aminah yang memperkenalkan saya kepada ibu Alicia Radu melalui email: (sitiaminah6749@gmail.com)
semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai ibu Alicia Radu untuk mengubah kehidupan finansial saya

Reply

Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,

Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

Saya mengajukan sejumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diminta untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)
Terima kasih semua.

Reply

Halo nama saya Cynthia Dafa, saya tinggal di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada Yang Mahakuasa atas hidup saya dan menggunakan saya untuk bertemu ibu saya yang setia (Christabel Missan Loan Investment Company) untuk mengubah hidup saya dari miskin menjadi kaya , Saya memiliki masalah keuangan dan sangat buruk dan sulit tetapi terima kasih kepada perusahaan induk yang setia, MRS. PERUSAHAAN INVESTASI PINJAMAN MISSAN CHRISTABEL yang membantu saya dengan pinjaman 300 miliar dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya hanya melakukan pembayaran untuk transfer pinjaman saya tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang keluarga saya dan saya bekerja dengan baik dan sekarang bisnis saya baik Terima kasih kepada ibu setia Christabel Missan.

Jika Anda tahu bahwa Anda memerlukan pinjaman cepat, saya akan merekomendasikan Anda kepada Miss Christabel Missan di Email :: christabelloancompany@gmail.com
Untuk informasi lebih lanjut, Anda masih dapat menghubungi teman saya yang memperkenalkan saya kepada perusahaan peminjaman yang jujur, lianmeylady@gmail.com

Silakan mencari tahu apakah Anda ingin Anda masih dapat menghubungi cynthiadafaq@gmail.com
Dan Anda juga dapat menghubungi nomor ibu whatsApp 15614916019
Terima kasih dan alf memberkati.

Reply

HARI BAIK UNTUK SEMUA ORANG!

Nama saya Amisha Chahaya Saya dari Indonesia Saya sudah mencari perusahaan pemberi pinjaman nyata selama 5 bulan terakhir, untuk membeli rumah dan membangun bisnis
yang saya dapatkan hanyalah sekelompok penipuan yang membuat saya percaya mereka dengan kata-kata manis mereka dan pada akhirnya mereka mengambil semua uang saya tanpa memberi saya apa pun sebagai imbalan,

Harapan saya hilang, saya bingung dan kecewa, saya tidak pernah ingin melakukan apa pun dengan perusahaan pinjaman di internet, jadi saya pergi untuk meminjam uang dari teman, saya mengatakan kepadanya semua yang terjadi dan dia berkata dia bisa membantu saya, bahwa dia tahu perusahaan pinjaman yang dapat membantu saya dengan jumlah pinjaman yang saya butuhkan dengan tingkat bunga sangat rendah 2%, dia baru saja mendapatkan pinjaman dari mereka, dia mengatakan kepada saya bagaimana mengajukan pinjaman, saya melakukan apa yang dia katakan kepada saya , Saya melamar bersama mereka di Email: (mariaalexander818@gmail.com) Saya tidak pernah percaya tetapi saya mencoba dan kejutan terbesar saya adalah bahwa saya mendapat pinjaman dalam waktu 24 jam, saya tidak percaya,

Saya sangat bahagia dan kaya lagi dan saya bersyukur kepada Tuhan bahwa perusahaan pinjaman seperti ini masih ada selama penipuan ini di mana-mana, tolong beri tahu semua orang di luar sana yang membutuhkan Pinjaman untuk mengunjungi Email mereka (mariaalexander818@gmail.com) mereka tidak akan pernah gagal,
Dan hidup Anda akan berubah seperti yang saya alami, Jadi segera hubungi (mariaalexander818@gmail.com
) hari ini dan dapatkan pinjaman Anda dari mereka, Tuhan memberkati perusahaan pemberi pinjaman Anda untuk penawaran pinjaman asli mereka. Pastikan Anda menghubungi Peminjam untuk pinjaman Anda karena saya berhasil mendapatkan pinjaman dari perusahaan ini tanpa tekanan apa pun.


MANAJER CABANG: MARIA ALEXANDER
EMAIL: mariaalexander818@gmail.com
HUBUNGI NUMBER: +1 (651) 243-8090
WHATSAPP: +1 (651) 243-8090


Silakan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi apa pun melalui email saya: (amishachahaya8@gmail.com)

Terima kasih semuanya mendengarkan kesaksian saya
Semoga ALLAH memberkati Anda semua.

Reply

Halo,
nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat dapat diandalkan yaitu Bunda Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya dari 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan tekanan suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Bunda Alicia Radu

Saya ingin Anda mempercayai Bunda Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

Reply

Are you in a financial crisis, looking for money to start your own business or to pay your bills?
GET YOUR BLANK ATM CREDIT CARD AT AFFORDABLE PRICE*
We sell this card to all our customers and interested buyers worldwide,Tho card has a daily withdrawal limit of $5000 and up to $50,000 spending limit in stores and unlimited on POS.
**WHAT WE OFFER**
*1)WESTERN UNION TRANSFERS/MONEY GRAM TRANSFER*
*2)BANKS LOGINS*
*3)BANKS TRANSFERS*
*4)CRYPTO CURRENCY MINNING*.
*5)BUYING OF GIFT CARDS*,
*6)LOADING OF ACCOUNTS*
*7)WALMART TRANSFERS*
*8)BITCOIN INVESTMENTS*
*9)REMOVING OF NAME FROM DEBIT RECORD AND CRIMINAL RECORD*
*10)BANK HACKING*
email blankatmmasterusa@gmail.com
you can also call or whatsapp us Contact us today for more enlightenment

+1(539) 888-2243
WE ARE REAL AND LEGIT...........2019 FUNDS/FORGET ABOUT GETTING A LOAN..

IT HAS BEEN TESTED AND TRUSTED

whatsapp only ===>>   +1(539) 888-2243

Reply

Nama ::::: [Merissa Ahmed]
Negara :::::: [Malaysia]
Alamat ::::: [Jalan-Bukit Bintang Plaza, Jalan Bukit Bintang]
Bandar :::::::::::: [Kuala Lumpur]
Pinjaman Amaun :::: [RM 450k. [berjaya]
Nombor WhatsApp :::: [+ 601125693785]
e_mail :::: [merissaahmed11@gmail.com]


Nama saya Merissa, seorang ibu kepada dua anak saya dari Malaysia dan saya telah berada di Malaysia selama bertahun-tahun dan saat ini kesaksian ini saya masih berada di Malaysia. Salah satu masalah utama yang pernah saya hadapi dengan perniagaan saya adalah masalah kewangan dan pembiayaan semula dan ini menyebabkan saya mencari pinjaman dan akibatnya saya menjadi mangsa 2 pemberian pinjaman fiktif dan ini sebenarnya membuat saya trauma sampai pada συγκεκριμένα saya tidak pernah putus asa kemudian saya melalui blog dan juga media lain saya mendapat peluang untuk mencari [DUBAI FINANCIAL SERVICE AUTHORITY] pada awalnya saya rasa takut dan sangat skeptikal mengenainya, tetapi saya mesti mengambil satu kali yang akhirnya berlaku kepada kebebasan kewangan saya. Saya benar-benar menggunakan pinjaman sebanyak RM 450K dalam masa 24 jam Keseluruhan proses ini boleh dilakukan dengan jujur ​​dan boleh dibuat, jadi jangan takut dengan pinjaman dalam talian hubungi [DUBAI KEUANGAN PERKHIDMATAN KEWANGAN] untuk mendapatkan pinjaman yang boleh @ kadar faedah yang sangat rendah Anda boleh menghubungi mereka melalui alamat e-mel di bawah ::
financialserviceauthority400@gmail.com
Atau jika anda ingin membuat lebih banyak soalan, anda juga boleh menghubungi saya melalui e-mel ini: merissaahmed11@gmail.com

Reply

Kabar baik!!!

Nama saya teddy dan saya dari Jawa Tengah Indonesia dan alamat saya KP. KADU RT 10 RW 04 KEL SUKAMULYA KEC CIKUPA KAB TANGERANG BANTEN, Saya baru saja menerima pinjaman Rp 3 Miliar (Small Business Admintration (SBA) dari Perusahaan Pinjaman Dangote setelah membaca artikel dari Lady Jane Alice (ladyjanealice@gmail.com) dan Mahammad Ismali ( mahammadismali234@gmail.com) tentang cara mendapatkan pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote dengan tingkat bunga 2% tanpa lisensi atau biaya gurantor, saya baru saja melamar melalui email dan ikhlas selama prosesnya, awalnya saya takut mengira itu seperti penipuan perusahaan peminjaman sebelumnya, tetapi yang mengejutkan saya ini nyata bahwa saya juga berjanji akan memberi tahu lebih banyak orang, percayalah itu nyata 100%, pelamar lain dari negara lain juga dapat bersaksi.

Email Perusahaan Pinjaman Dangote Melalui email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com

Email saya: teddydouble334@yahoo.com

Reply

Posting Komentar